Chrome Web Store "Pendamping Manis" OS Chrome

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2011 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 09 325 422939 kYkFdwjJH0.jpg Google

JAKARTA - Awal Desember 2010 Google memperkenalkan secara resmi OS Chrome dan toko onlinenya, Chrome Web Store, kepada publik. Baru dua bulan kemudian, Chrome Web Store secara resmi mulai dikampanyekan penggunaannya.

Kehadiran Chrome Web Store ini merupakan langkah awal bagi Google yang gencar memamerkan sebuah era berkomputer cara baru melalui sistem operasi Chrome (Chrome OS). Cara baru yang dimaksud adalah penggunaan sistem operasi ini yang harus terhubung dengan internet atau online.

Dengan Chrome OS, pengguna tidak perlu membuka atau membeli lisensi suatu software, semua dilakukan melalui apa yang disebut cloud computing. Berbeda dengan Windows, OS Chrome memungkinkan penggunanya membuka dan bekerja dimana dan kapan pun juga.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (9/2/2011), Chrome Web Store inilah yang oleh pejabat Google digadang-gadang akan menjadi pendamping setia bagi Chrome OS. Semua kebutuhan mulai dari aplikasi bisnis, komunikasi hingga game sekalipun terkumpul menjadi satu di toko ini. Hampir mirip dengan apa yang sudah dilakukan Google di Android dan bahkan oleh Apple pada App Storenya.

OS Chrome dan Chrome Web Store mempunyai kelebihan tentunya, semua aplikasi, dokumen, dan pengaturan disimpan dengan aman di awan (cloud). Jadi bahkan jika pengguna kehilangan komputernya, pengguna bisa login ke notebook lain yang berbasis Chrome OS dan kembali bekerja.

Bagi pengembang pun ini menjadi lahan yang menggiurkan, sebab sifat Google yang terkenal dengan platform terbukanya itu menjadikan mereka lebih bebas berekpresi.

Kini pengguna tinggal menunggu saja komputer jinjing berbasis OS Chrome akan segera menyambangi toko retail diseluruh dunia. Dan pemanfaatan Chrome Web Store pun akan semakin maksimal.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini