Share

LTE Bakal Lampaui WiMax di Pasar 4G

Sarie , Jurnalis · Rabu 09 Februari 2011 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 09 54 423104 hahzdu0AWn.jpg Motorola LTE demo (foto: connectedhome2go)

CALIFORNIA - Pertempuran teknologi WiMax dan Long Term Evolution (LTE) akan semakin sengit. LTE dipercaya akan mengalahkan WiMax di 2014 nanti.

Dilansir melalui Cellular News, Rabu (9/2/2011), perusahaan riset iSuppli percaya jika pelanggan LTE akan mencapai sembilan kali lebih banyak ketimbang WiMax pada kurun empat tahun ke depan. Hal ini dipicu karena semakin banyaknya operator seluler yang mengadopsi layanan LTE.

Pelanggan LTE di seluruh dunia akan mulai meningkat dalam kurun dua tahun ke depan. Lalu pada 2014 angka pengguna LTE akan mencapai 303,1 juta dibandingkan pelanggan WiMax yang hanya 33,4 juta.

"WiMax telah menikmati dua hingga tiga tahun untuk pengembangan jaringan. Namun dukungan operator seluler terhadap LTE akan turut meningkatkan pamornya dalam beberapa tahun ke depan,' ujar analis IHS iSuppli, Francis Sideco.

Pada 2011 ini pelanggan LTE di seluruh dunia dipercaya akan mencapai 14,9 juta, naik dari tahun lalu yang hanya 6,8 juta. Jumlah pelanggan ini akan lebih banyak didapat dari operator seluler di AS seperti Verizon Wireless, atauย  Vodafone dan TeliaSonera di Eropa. Ketiga operator itu saja menargetkan akan meraih sekira 10,4 juta pengguna LTE.

Angka ini sangat kecil dibanding pengguna WiMax yang merefleksikan peningkatan mencapai 702.000 pengguna, dari hanya nol di 2009 lalu.

International Telecommunication Union (ITU) telah mengumumkan bahwa LTE maupun WiMax, keduanya sama sebagai teknologi generasi ke empat (4G).

Sekira 10 operator LTE di seluruh dunia telah memberikan kepastian jadwal peluncuran layanan berbasis teknologi tersebut. Bahkan menurut IHS iSuppli, 30 operator lainnya memastikan akan meluncurkan layanan tersebut tahun ini.

Sedangkan untuk WiMax, kebanyakan operator yang mengadopsi layanan ini berasal dari Eropa, lalu wilayan Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika dan kemudian Amerika.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini