Plus Minus Chrome Web Store

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2011 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 09 55 422917 ZK4bMnOeoz.jpg Tampilan Chrome Web Store (Screenshot)

JAKARTA - Google menggebrak dengan menghadirkan toko aplikasi untuk komputer desktop, Chrome Web Store. Inovasi disambut baik oleh pengguna setianya, walaupun plus minusnya tidak bisa dilepaskan dari kehadiran perdananya.

"Terobosan yang bagus dari Google dengan menghadirkan Chrome Web Store. Secara user experience, tidak jauh berbeda dengan layanan application store yang ada. Hanya mediumnya saja yang berbeda yakni di browser," sebut pengamat IT, Bambang Dwi Atmoko, saat berbincang dengan okezone, Rabu (9/2/2011).

Selain lebih banyak aplikasi yang ditawarkan, di toko online ini, juga memudahkan penggunanya mengunduh beragam aplikasi, extensions hingga themes, yang diklaim oleh Google jumlahnya mencapai ribuan tersebut.

Namun demikian, tak ada gading yang tak retak, demikian juga dengan Chrome Web Store ini. Permasalahannya muncul karena beberapa aplikasi seperti game tidak berjalan dengan baik di komputer netbook.

"Perlu dipikirkan agar aplikasi Chrome bisa berjalan di semua komputer platform apapun. Seharusnya sih memang bisa semua. Secara aplikasi kebanyakan juga berbasis HTML5," tambahnya.

Kendati terdapat kekurangan, akan tetapi Bambang yakin Google mampu memperbaiki kekurangan yang ada di dalam layanannya tersebut. Apalagi kesalahan tersebut masih bisa ditolerir karena memang masih baru.

"App Store dan Android Market saja selalu ada kekurangan. Kemudian mereka memperbaikinya dan menambah fitur di versi berikutnya," tandasnya.

Chrome Web Store mempunyai prospek yang cerah, pasalnya, layanan sejenis ini terbilang masih sedikit. Menurut Bambang, baru browser Opera yang mulai memperkenalkan menyediakan aplikasi untuk alat perambannnya.

Chrome Web Store adalah sebuah marketplace online yang menyediakan ribuan aplikasi, extensions dan themes untuk pengguna Google Chrome. Untuk memulai menggunakan layanan ini pengguna harus terlebih dahulu masuk ke situs chrome.google.com/webstore.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini