Pindah Saluran TV Kini Cuma Gerakan Tangan

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2011 16:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 02 25 324 428916 RUHIr15THV.jpg TV yang menggunakan gerakan tangan untuk memindahkan saluran

TOKYO - Teknologi dalam bidang televisi kini kian canggih, dari hal yang besar sampai yang terlihat remeh. Salah satu contohnya teknologi yang dikembangkan oleh Panasonic ini. 

Perusahaan asal Jepang itu tengah mengembangkan perangkat untuk mengganti saluran televisi, hanya dengan mengayunkan tangan saja.

TV dengan nama seri VIERA DMP-HV20 dan diklaim sebagai yang pertama di dunia memanfaatkan gerakan tangan ini tidak memerlukan remote control untuk mengoperasikannya. Demikian yang dilansir melalui Crunch Gear, Jumat (25/2/2011).

Dengan teknologi ini, penggunanya ingin memindahkan channel TV, cukup menggerakkan tangan ke kiri atau kanan. Sensor pada TV selanjutnya akan mendeteksi gerakan tersebut dan menerjemahkannya menjadi perintah mengganti channel TV.

Dengan resolusi layar 1024×600 pixel, TV ini juga menghadirkan koneksi ke internet melalui WiFi 802.11. Terdapat juga port USB 2.0, slot card SDXC.

Soal ukuran, Panasonic mengusungnya dengan layar berukuran 10,1 inch sehingga mirip seperti netbook. Rupanya TV ini memang sengaja dibuat sebagai gadget portable dan penggunaan jarak dekat, misalnya ketika di dapur sambil menyiapkan makanan atau dibawa saat perjalanan.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini