Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1 dari 5 Orang Internetan di Kendaraan

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2011 16:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 03 04 55 431490 Dxj2FAnWPd.jpg Ilustrasi

LONDON - Ternyata tidak hanya menelpon sambil berkendara yang sedang tren sekarang, menggunakan internteran sambil berkendara pun seolah menjadi lumrah dilakukan.

Sebuah survei terbaru menyatakan bahwa satu dari lima pengendara berselancar di Internet saat berkendaraan. Survei yang dilakukan 912 pengemudi itu dilakukan pada bulan November dan menemukan 19 persen dari mereka mengaku menggunakan ponsel mereka untuk mengakses internet saat mengemudi mobil.

"Pengguna terbesar ponsel cenderung penduduk usia muda. Kami sangat tertarik untuk mengetahui berapa angkanya jika fokusnya pada pasar dewasa muda," terang Direktur Riset Teknologi di State Farm, Cindy Garretson, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (4/3/2011).

Dalam survei yang sama 74 persen mengatakan mereka melakukan atau menerima panggilan saat mengemudi dan 35 persen mengaku mengirim atau menerima teks.

Hebatnya, para responden tersebut mengaku kebanyakan berusia 30-an. Survei itu menemukan kebanyakan pengendara menggunakan ponsel mereka untuk surfing saat berhenti di lampu lalu lintas atau ketika terjebak kemacetan.

Hanya 30 negara bagian AS yang melarang berselancar saat mengemudi untuk semua pengemudi, dengan delapan di antaranya melarang praktek berbahaya itu bagi pengemudi pemula saja.

Pada tahun 2009, 5.474 orang tewas dan 448.000 terluka dalam kecelakaan akibat pengemudi terganggu. Sebanyak 18 persen kematian akibat pengalihan karena ponsel, dan kelompok usia di bawah-20 adalah yang paling sangat terlibat.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini