Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nokia Masih Jadi 'Tuan Rumah' di Negaranya Sendiri

Defanie Arianti, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2011 13:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 03 04 57 431405 HY2eyWUh3d.jpg Lebih dari 70 persen penduduk Finlandia memiliki ponsel Nokia

ESPOO - Nokia masih bisa berbangga hati. Vendor ponsel asal Finlandia itu berhasil menguasai pasar smartphone di ‘rumah’ sendiri dengan menguasai lebih dari 70 persen market share.

 

Ya, berdasarkan survei jaringan mobile Finlandia, DNA dan Nokia, 71 persen penduduk Finlandia memiliki ponsel Nokia. Sementara, vendor-vendor lainnya hanya mampu menguasai sebagian kecil market share: Samsung (8 persen), Apple (6 persen), Sony Ericsson (3 persen), HTC (3 persen) dan ZTE (2 persen).

 

Survei yang sama juga menunjukkan, hanya setengah dari penduduk Finlandia menggunakan seluruh fitur dalam smartphone mereka dengan aktif. Selain melakukan panggilan dan SMS, biasanya ponsel digunakan sebagai kalender serta kamera. Demikian seperti dilansir Cellular News, Jumat (4/3/2011).

 

Hanya setengah dari pemilik ponsel cerdas memanfaatkan fitur untuk browsing internet, mengakses email, navigasi atau mendengarkan musik.

 

Warga Finlandia bisa dibagi menjadi empat kelompok user: mereka yang menggunakan ponsel untuk mempermudah kehidupan atau Lifestyle simplifiers (32 persen), pengguna ponsel untuk menyimpan data atau Memory makers (25 persen), mereka yang menggunakan ponsel untuk keperluan kerja atau Work users (22 persen) serta pengguna super yang memanfaatkan seluruh fitur smartphone atau Super users (21 persen).

 

Peneliti menemukan bahwa media sosial hanya diakses melalui smartphone oleh sepertiga jumlah user. Namun, setengah dari pengguna smartphone yang berusia muda sudah mengakses media sosial melalui ponsel mereka.

 

Sekira 50 persen user telah menggantikan fungsi perangkat lain dengan smartphone, sementara nyaris sepertiganya memutuskan tidak membeli perangkat tunggal karena telah memiliki smartphone. Akhir-akhir ini, smartphone memang telah menggeser fungsi kamera maupun alat pemutar musik.

(van)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini