Nokia Siemens Tunda Akuisisi Motorola

Defanie Arianti, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2011 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 09 54 433180 ILNLkWjs4P.jpg (Foto: Google image)

HELSINKI - Proses pembelian aset infrastruktur jaringan nirkabel Motorola oleh Nokia Siemens Networks (NSN) harus ditunda karena masih menunggu persetujuan antitrust oleh otoritas China.

 

Sebelumnya, NSN dan Motorola berharap bisa merampungkan akuisisi bernilai USD1,2 miliar itu, akhir 2010. Sayang, proses itu harus ditunda akibat gugatan Huawei Technologies Co terhadap kedua perusahaan itu.

 

Diketahui, Huawei dan Motorola sempat menjalin kerjasama cukup lama, termasuk dalam penjualan produk Huawei di bawah merk vendor yang berkantor di Illinois itu. Namun, kesepakatan akuisisi Motorola oleh NSN mendorong Huawei mengajukan gugatan hukum demi mencegah bocornya informasi bisnis mereka ke tangan NSN.

 

Proses akuisisi itu dikabarkan sudah memasuki proses fase ketiga review oleh Biro Anti-Monopoli Kementerian Perdagangan China dan baru akan selesai jika persetujuan antitrust itu dikabulkan.

 

"Nokia Siemens Networks masih berkomitmen dengan akuisisi ini. Namun, kami belum bisa memberikan informasi kapan proses ini bisa selesai," demikian pernyataan NSN seperti dikutip Straits Times, Kamis (10/3/2011).

 

Jika akuisisi itu akhirnya terwujud, setidaknya 7.500 pegawai Motorola akan bergabung dengan NSN, termasuk divisi riset dan pengembangan di Amerika Serikat, China dan India.

(van)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini