Google Mulai Jengah Android 'Diacak-Acak'

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Jum'at 01 April 2011 15:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 04 01 325 441372 0Sm40tft21.jpg Logo Android
CALIFORNIA - Frustrasi oleh produsen handset yang telah mengambil terlalu banyak kebebasan dalam memodifikasi sumber sistem operasi terbuka Android, Google telah dilaporkan mulai membatasi mitra dan mencegah mereka dari membuat perubahan drastis di platform mereka. 

Perubahan dalam strategi dari Google terungkap minggu ini oleh BusinessWeek, sebagai raksasa pencarian dilaporkan telah melakukan upaya untuk menghentikan perubahan tidak perlu untuk software Android, serta kemitraan untuk produk yang bersaing dengan Google, seperti Microsoft Bing.

Pendekatan baru ini bertujuan untuk mengatasi tren dengan Android dikenal sebagai fragmentasi, di mana produsen handset dan operator mulai memodifikasi dan mengubah sumber Android platform terbuka untuk sedemikian rupa sehingga fitur dasar dari sistem operasi yang dihapus atau berubah drastis.

Dalam salah satu contoh yang lebih ekstrim, handset Samsung mengagumkan untuk Verizon menghadirkan fitur Bing sebagai default dan opsi pencarian hanya pada perangkat. Laporan ini dikutip dua orang yang mengatakan bahwa Google telah mencoba untuk "menahan" rilis perangkat Verizon Android yang menggunakan Bing. Namun sayangnya gagal.

"Selama beberapa bulan terakhir, menurut beberapa sumber dengan masalah ini, Google telah menuntut bahwa pemegang lisensi Android harus mematuhi 'ketentuan non-fragmentasi'," tulisan BussinesWeek, seperti dikutip Jumat (1/4/2011).

BusinessWeek juga mengutip sumber yang mengatakan langkah terbaru Google untuk menempatkan kontrol atas perangkat yang menjalankan Android.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini