Bukti Tulisan Tertua Eropa Ditemukan di Yunani

Ahmad Taufiqurrakhman, Jurnalis · Selasa 05 April 2011 14:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 04 05 56 442646 kAAZL5bxID.jpg Foto: Psysorg

KANSAS - Arkeolog Michael Cosmopoulus dari University of Missouri-St.Louis menemukan bukti penulisan tertua untuk wilayah Eropa.

Cosmopoulus mendapat temuannya di kota Iklaina, sebelah barat daya Yunani. Kota tersebut mengalami jaman Mycenaean pada 1.500 tahun sampai 100 tahun sebelum masehi. Pada 1.400 tahun sebelum masehi, kota tersebut ditaklukan oleh Raja Nestor. Demikian seperti yang dikutip dari Physorg.com, Selasa (5/4/2011).

Cosmopoulus telah aktif menggali situs tersebut selama 11 tahun, dan telah menemukan bukti sebuah istana Mycenaean yang termasuk dengan mural berwarna, tembok Cyclope, dan sistem pembuangan drainase. Temuan berupa batu yang berisi tulisan ini tidak diduga sebelumnya oleh Cosmopoulus.

Kepingan batu berisi tulisan tersebut berusia sekira 3.500 tahun dengan ukuran satu inci. Kepingan tersebut juga menunjukkan berbagai simbol Linear B, sebuah penulisan Yunani kuno yang terdiri dari 87 simbol. Nampaknya penduduk Mycenaean menggunakan kepingan batu tersebut untuk mencatat sesuatu.

Lalu di bagian depan kepingan itu terdapat kata yang berhubungan dengan kapan kepingan batu tersebut dibuat. Sementara di bagian belakang berisi daftar nama dan nomor.

Temuan ini memang bukan yang tertua di dunia, tapi merupakan bukti penulisan pertama di Eropa. Bukti penulisan yang ditemukan di China, Mesir dan Mesopotamia dipercaya berusia lebih dari tiga ribu tahun.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini