Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tablet Mulai Gerogoti Pangsa Pasar PC

Sarie , Jurnalis · Kamis 14 April 2011 11:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 04 14 57 445888 BmM7iwnC9J.JPG Tablet

SAN FRANSISCO - Penurunan penjualan PC di dunia akhirnya terjadi. Hal ini sesuai dengan prediksi para analis yang mempercayai tablet mampu memakan pangsa pasar PC.

Kemunculan tablet rupanya cukup berimbas pada pengapalan PC secara global. Sejak diluncurkan tahun lalu, tablet iPad besutan Apple telah menarik perhatian konsumen. Tidak heran, jika kemudian fungsinya yang sama dengan komputer, secara perlahan mampu mengalahkan pengapalan PC di seluruh dunia.

Dilansir melalui Straits Times, Kamis (14/4/2011), data International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa pengapalan PC global di seluruh dunia telah menurun sekira 3,2 persen sepanjang tiga bulan belakangan. Hasil ini cukup mengejutkan karena baru pertama kali terjadi sepanjang sejarah.

Sama halnya dengan data pengapalan PC yang dipaparkan Gartner. Total pengapalan PC pada kuartal ini di seluruh dunia mencapai 84,3 juta unit, atau turun sekira 1,1 persen dari perolehan tiga bulan sebelumnya.

"Lemahnya kebutuhan konsumer akan PC merupakan masalah besar bagi pasar ini. PC konsumer berharga rendah yang selama ini menstimulasi pertumbuhan PC di dunia ternyata tidak lagi mampu menarik perhatian pengguna," ujar analis Gartner Mikako Kitagawa.

Menurut Kitagawa, konsumen lebih memilih untuk membeli tablet atau gadget elektronik portabel lainnya ketimbang harus membeli PC murah.

Selain itu, ditambahkan analis dari IDC, penurunan penjualan PC ini juga merupakan imbas dari gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang, dimana Jepang merupakan lokasi pabrikan PC yang menyuplai untuk merek-merek yang mendominasi di dunia.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini