Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Akui Kumpulkan Data Pengguna Android

Defanie Arianti, Jurnalis · Senin 25 April 2011 17:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 04 25 57 449735 pNJDWImZ1l.jpg Google kumpulkan data lokasi pengguna ponsel Android

CALIFORNIA - Tidak lama setelah mencuat kabar adanya pengumpulan data lokasi pengguna ponsel berbasis Android, Google sebagai pemilik sistem operasi itu secara terbuka mengakui kebenaran berita itu.

 

Usai melakukan penelitian menggunakan ponsel HTC Android, analis kenamaan Samy Kamkar menemukan ternyata perangkat tersebut mengambil data lokasi dan mengirimkannnya ke Google beberapa kali setiap jamnya.

 

Kini, juru bicara Google mengakui bahwa perusahaan asal Mountain View itu memang melakukan 'pengintaian' terhadap penggunanya. Namun hal itu dilakukan demi kepentingan layanan seperti peta, pencarian toko atau restoran serta mempelajari lalu lintas di sejumlah jalanan.

 

"Ponsel mengetahui lokasi Anda, dan itu diperlukan untuk berbagai layanan yang kami tawarkan," jelas juru bicara Google Mike Nelson sebagaimana dikutip Computer Business Review, Senin (25/4/2011).

 

"Semua fitur berbagi lokasi di Android bisa dikendalikan pengguna. Kami menyediakan notifikasi dan kendali untuk pengumpulan, penggunaan serta opsi berbagi lokasi agar kami bisa menawarkan pengalaman mobile yang lebih berkualitas pada perangkat Android," imbuh Nelson lagi.

 

"Semua data lokasi yang dikirimkan kembali ke server lokasi Google adalah anonim dan tidak bisa dilacak kepada satu pengguna khusus," pungkasnya.

 

Sebelum Google, raksasa gadget Apple mengejutkan jutaan penggunanya setelah diketahui bahwa perangkat iPhone bisa mengumpulkan data lokasi mereka. Kabar ini langsung memancing reaksi keras dari berbagai regulator komunikasi dunia, termasuk Korea Selatan yang berkomitmen untuk melakukan investigasi terhadap Apple. Namun hingga saat ini Apple belum memberikan komentar terkait berita tersebut.

(van)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini