Dengan LTE Sekolah Terpencil Pun Terjangkau

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Kamis 28 April 2011 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 28 54 451120 snWA9CVgcj.jpg

JAKARTA - Deutsche Telekom dan Nokia Siemens Networks bersama-sama telah mendemonstrasikan manfaat lebih dari Long Term Evolution (LTE) pada spectrum 800 MHz sebagai alat untuk menjangkau murid di sekolah-sekolah di daerah terpencil. 

Prakarsa ‘Kelas Terbang’ atau ‘Flying Classroom’ adalah gagasan dari program Corporate Social Responsibility Nokia Siemens Networks yang memungkinkan para siswa untuk ambil bagian dalam komunikasi video dan mengirim tugas-tugas pendidikan dari jarak jauh ke guru-guru dan sekolah-sekolah mitra.

Deutsche Telekom dan G.-Lessing-Gymnasium ‘European Grammar School’ menyediakan koneksi LTE di desa Doebeln, yang seluruh jaringanya disediakan dan diintegrasikan oleh Nokia Siemens Networks.

Dalam satu ‘Kelas Terbang’ di Gymnasium, vendor tersebut menyediakan beberapa PC yang menggunakan software video conference untuk berhubungan dengan para siswa dan guru di sekolah-sekolah mitra lainnya dari jarak jauh. Dengan PC dan Smartboards yang saling berhubungan, para siswa tersebut dapat mengerjakan tugas-tugas secara bersamaan.

“LTE menawarkan kemungkinan jangkauan penggunaan luas melalui broadband berkecepatan ultra tinggi dan ‘Kelas Terbang’ ini menunjukkan keajaiban yang diberikan teknologi LTE dalam meningkatkan level e-Edukasi,” kata Guido Menzel, senior vice president, Fixed Mobile Engineering, Telekom Deutschland GmbH, seperti dilansir melalui keterangannya, Kamis (28/4/2011).

“Teknologi LTE bisa menghadirkan konektivitas broadband untuk mengangkat e-Edukasi ke level berikutnya, sehingga membantu untuk meraih tujuan yang lebih luas dalam masyarakat,” imbuh Hermann Rodler, managing director of Nokia Siemens Networks in Germany.

Teknologi LTE menggunakan infrastruktur jaringan flat berbasis-IP yang menawarkan transmisi data super cepat dan memungkinkan browsing dan download sangat cepat berkat latensi yang lebih rendah.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini