Nokia Siemens Rampungkan Akuisisi Motorola

Defanie Arianti, Jurnalis · Selasa 03 Mei 2011 06:21 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 02 54 452470 O2B5ERK290.jpg Nokia Siemens Networks

HELSINKI - Setelah sempat tertunda, Nokia Siemens Networks (NSN) akhirnya menyelesaikan proses pembelian aset infrastruktur jaringan nirkabel milik Motorola Solutions.

 

NSN membayar sekira USD975 juta untuk merampungkan akuisisi tersebut. Terhitung sejak 30 April 2011, NSN bertanggung jawab mendukung pelanggan produk serta layanan GSM, CDMA, WCDMA, WiMAX dan LTE Motorola Solutions.

 

"Motorola Solutions merasa gembira telah menyelesaikan transaksi untuk mengkombinasikan tim Networks kami dengan perusahaan pemimpin industri," demikian ungkap President and Chief Executive Officer Motorola Solutions Greg Brown seperti dikutip Cellular News, Selasa (3/5/2011).

 

"Ini merupakan kabar baik bagi pelanggan, investor serta karyawan kami. Kabar ini juga memungkinkan Motorola Solutions lebih menajamkan fokus strategi kami dalam menyediakan solusi penting bagi pemerintah maupun pelanggan enterprise kami," lanjut Brown.

 

Sebagai bagian kesepakatan, NSN juga akan mendukung 50 operator yang tersebar di 52 negara serta tidak kurang dari 6.900 karyawan Motorola Solutions. Gantinya, NSN juga akan mendapatkan sejumlah fasilitas riset dan pengembangan, termasuk fasilitas di Amerika Serikat, China, Rusia, India dan Inggris Raya.

 

Proses akuisisi itu sempat tertunda beberapa kali, terutama disebabkan gugatan hukum oleh Huawei Technologies. Diketahui, Huawei dan Motorola sempat menjalin kerjasama cukup lama, termasuk dalam penjualan produk Huawei di bawah merk vendor yang berkantor di Illinois itu. Namun, kesepakatan akuisisi Motorola oleh NSN mendorong Huawei mengajukan gugatan hukum demi mencegah bocornya informasi bisnis mereka ke tangan NSN.

(van)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini