Google Earth Akan Fokus Bidang Kelautan

Ahmad Taufiqurrakhman, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2011 09:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 05 24 55 460253 45Q3OzP52M.jpg Chief Technology Advocate Google Michael Jones (Foto: Ahmad Taufiqurrakhman / okezone)

JAKARTA - Setelah cukup sukses dalam memtakan wilayah daratan, kini Google menyatakan bahwa mereka akan memfokuskan Google Earth ke bidang kelautan.

 

"Google Earth akan mulai difokuskan ke bidang kelautan, karena masih banyak informasi yang bisa dikuak di sana," ujar Michael Jones, Chief Technology Advocate Google, di Jakarta, Senin (23/5/2011) malam.

 

Michael mengatakan bahwa dengan mengekspansi fitur Ocean di Google Earth akan banyak membantu banyak pihak di bidang sains dan kelautan pada umumnya.

 

"Kita bisa mengetahui kondisi geografis dasar laut suatu wilayah atau mencari peninggalan sejarah yang terpendam di dalamnya," ungkapnya.

 

Michael mengatakan bahwa saat ini Google Earth sedang mengembangkan peta trafik pelayaran laut, yang bernama Marine Automatic Identification (AIS).

 

"Melalui fitur ini, kita bisa tahu trafik perahu di suatu wilayah. Sistem AIS ke depannya mungkin bisa dipakai untuk keamanan laut dan pelacakan kapal bajak laut," katanya.

 

Mengenai observasi kedalaman laut di fitur Ocean pada Google Earth, Michael menjelaskan bahwa Mid-Ocean Observation dan Subsea Observation untuk pemetaan laut, dilakukan bersama dengan lembaga kelautan dari tiap-tiap negara.

 

Untuk pemetaan dasar laut di Indonesia, pada tahun 2010 BPPT telah bekerjasama dengan National Oceanic and Atmospheric Administration untuk melakukan survei pemetaan dasar laut dan oseanografi, yang hasilnya kini tampak di fitur Ocean Google Earth.

 

Google Ocean pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009. Semenjak itu terus mendapat update dari ekspedisi kelautan masing-masing negara.

(van)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini