Google Maps di Indonesia Buram Karena Awan

Ahmad Taufiqurrakhman, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2011 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 24 55 460255 238ATlOHGv.jpg Chief Technology Advocate Google Michael Jones (Foto: Ahmad Taufiqurrakhman / okezone)

JAKARTA - Mengapa dari sekian banyak negara di dunia yang tampil di Google Map, hanya Indonesia yang tampilan petanya buram? Menurut Google, hal tersebut disebabkan oleh awan.

 

"Awan menghalangi pantauan satelit yang akan mengambil foto untuk wilayah Indonesia," ujar Michael Jones, Chief Technology Advocate Google, di Jakarta, Senin (23/5/2011) malam.

 

Michael mengatakan bahwa iklim dan kondisi geografis lah yang membuat banyak awan di langit Indonesia. "Dan hal ini merupakan fenomena alam yang terjadi sejak jutaan tahun yang lalu, tidak ada yang bisa kami lakukan untuk hal ini," ungkapnya.

 

Tapi pihak Google pun menawarkan solusi atas masalah ini. "Pihak pemerintah bisa meminta kami untuk mengambil foto wilayah Indonesia di bawah awan dengan menggunakan pesawat. Namun hal itu tentunya membutuhkan dana operasional yang sangat besar, karena jangkauan wilayah yang diliput pesawat tentunya tidak akan seluas satelit," paparnya.

 

Meskipun begitu Michael Jones mengatakan bahwa Google akan terus meningkatkan kualitas layanan Google Maps-nya.

 

"Foto-foto wilayah di Google Maps terus kami perbaharui demi kepuasan pengguna," pungkas Jones.

 

Google Maps adalah aplikasi layanan pemetaan dari Google, yang dulunya masih bernama Google Local. Layanan tersebut diluncurkan pertama kali pada tahun 2005.

(van)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini