Street View di Indonesia Menunggu Restu Pemerintah?

Ahmad Taufiqurrakhman, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2011 10:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 05 24 55 460272 OER1CUfanG.jpg Google Street View

JAKARTA - Street View merupakan salah satu teknologi yang ada di dalam Google Maps dan Google Earth, namun hingga kini layanan tersebut belum ada di Indonesia. Padahal begitu banyak pengguna Google di Indonesia.

 

Menanggapi hal itu, pihak Google mengatakan bahwa ketersediaan layanan tertentu dikembalikan lagi ke pemerintah di negara yang bersangkutan.

 

"Untuk menerapkan teknologi Street View di suatu negara, kami dari pihak Google tentunya harus mendapat persetujuan dari pemerintah yang bersangkutan," ujar Michael Jones, Chief Technology Advocate Google, di Jakarta, Senin (23/5/2011).

 

Michael menjelaskan bahwa dalam usaha penerapan sebuah teknologi Google (dalam hal ini Street View) di suatu negara, biasa mereka yang menawarkannya ke pemerintah yang bersangkutan, apakah itu nantinya disetujui atau tidak.

 

"Karena untuk Street View, kita perlu menaruh mobil-mobil Street View di negara yang bersangkutan. Hal tersebut tentunya membutuhkan perizinan di negara yang bersangkutan," jelasnya.

 

Ketika disinggung mengenai isu pelanggaran privasi yang banyak didapat oleh Street View di beberapa negara, Michael Jones menjawabnya bahwa hal tersebut sebenarnya bukanlah sebuah hal besar.

 

"Oke, kita ambil contoh Jerman. Di negara tersebut pengguna Street View sangat besar. Namun karena beberapa orang di pemerintahan mereka ada yang tidak suka, maka hal tersebut menjadi hal yang besar. Begitu pula di negara lain. Lalu isu tersebut menjadi besar juga karena peran media," papar Michael.

 

"Jadi apabila Street View mendapat tentangan di suatu negara, bukan berarti seisi negara membenci layanan tersebut. Hal tersebut lebih merupakan permasalahan dari pemerintah yang bersangkutan," tambahnya.

 

Michael juga menambahkan bahwa sekarang di Street View ada opsi bagi pengguna untuk menayangkan atau tidak foto dari suatu lokasi jalan.

 

Saat ini layanan Street View dari Google sudah tersedia di beberapa negara Eropa, Amerika, Antartika, Afrika dan Oseania.

(van)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini