Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Maps Menyerah pada Hukum China

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2011 08:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 06 15 55 468853 CXVBfbfsle.jpg

BEIJING - Google dikabarkan tunduk pada aturan hukum China demi mendapatkan izin untuk membuka layanan Google Maps di negara Tirai Bambu tersebut.

Kabar ini didapat Dow Jones Newswires mengutip sumber yang mengatakan Biro Survei dan Pemetaan sedang meninjau aplikasi dari Beijing Guxiang Teknologi Informasi Co, yang mengoperasikan layanan pemetaan Google di Cina.

Sejauh ini Beijing memberikan izin untuk puluhan perusahaan untuk memberikan pemetaan web setelah peraturan baru diperkenalkan tahun lalu mewajibkan semua perusahaan menyediakan peta internet dan layanan lokasi di Cina untuk mengajukan permohonan persetujuan.

Dilansir melalui Reuters, Kamis (16/6/2011), perusahaan asing yang ingin menyediakan layanan-layanan di Cina diharuskan untuk membuat usaha patungan atau kemitraan dengan perusahaan lokal.

Cina memiliki populasi online terbesar di dunia dari 477 juta, menurut data resmi.

Google telah melihat pangsa pasar pencarian slide menguntungkan China setelah melihat Baidu saingan lokal. Namun ketegangan antara Google dengan Beijing meningkat selama beberapa waktu terakhir, setelah klaim cyberattacks web raksasa AS berasal dari Cina.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini