Soal Jumlah Blog, Tumblr Kalahkan WordPress

Ahmad Taufiqurrakhman, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2011 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 16 55 469049 NfrdVVGeVK.jpg Ilustrasi (gambar: pelfusion.com)

CALIFORNIA - Situs mikroblogging Tumblr yang baru berusia 4 tahun kini meng-hosting lebih banyak blog ketimbang WordPress yang kini berusia lebih dari 8 tahun.

Seperti yang dikutip dari Mashable, Kamis (16/6/2011), pada bulan Januari 2011 Tumblr memiliki lebih dari 7 juta blog. Sampai saat ini, total blog yang dibuat di Tumblr sudah berjumlah 20.873.182, jauh mengalahkan WordPress.com yang meng-hosting hanya sekira 85 ribu blog.

Perhitungan tersebut belum termasuk dengan pengguna yang membuat blog atau situs melalui domain WordPress.org. Namun mengingat bahwa layanan Tumblr yang baru berusia 4 tahun, memiliki angka sebesar itu merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.

Jelas bahwa akhir-akhir ini banyak pengguna yang mulai mendaftar ke Tumblr. Perusahaan-perusahaan besar di bidang berita, hiburan dan fesyen juga banyak yang membuat blog di Tumblr. Mereka menggunakan platform tersebut dengan cara yang berbeda ketika mereka menggunakan WordPress.com

Akan tetapi meskipun sedikit, WordPress.com meng-hosting banyak situs-situs besar seperti CNN, National Football League, TED, dan lain-lain. Sementara Tumblr fungsinya lebih ke media sosial, seperti gabungan antara situs dengan jejaring sosial.

WordPress fungsinya lebih ke Content Management System (CMS), layaknya untuk membuat situs profesional, sementara penggunaan Tumblr jauh lebih simpel dan bersifat lebih ke media sosial.

(ATA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini