NSN Tingkatkan Daya BTS demi Kapasitas Lebih Besar

Defanie Arianti, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2011 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 23 54 471971 zr9EAAX4dT.jpg Nokia Siemens Networks

JAKARTA - Nokia Siemens Networks (NSN) memperluas arsitektur Liquid Radio miliknya dengan meluncurkan modul radio baru berdaya besar untuk keluarga Flexi Multiradio Base Station di CommunicAsia 2011 di Singapura. Demikian penjelasan pihak NSN melalui keterangan resminya, Kamis (23/6/2011).

Output daya lebih besar berarti modul ini menawarkan cakupan GSM yang lebih besar serta kapasitas data 3G yang lebih tinggi di tepi cell, sehingga menghasilkan kinerja 40% lebih besar. Dengan modul daya ini, operator memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas jaringan mereka secara efisien.

Selain itu, kemampuan modul radio baru ini juga bisa mengalokasikan frekuensi carrier dalam rentang frekuensi selebar 60MHz mengurangi ukuran hardware per situs BTS, sehingga instalasi dapat dilakukan secara lebih fleksibel.

Dalam jaringan bergerak, modul radio merupakan bagian dari BTS yang memperkuat setiap sinyal radio sebelum dipancarkan dari antena. Karena memiliki output daya yang lebih besar, modul baru ini memperbaiki sinyal yang digunakan untuk mentransmisikan suara atau data ke ponsel pengguna.

Hal ini secara langsung akan meningkatkan besarnya informasi berguna yang dapat dibawa oleh sinyal atau jumlah orang yang dapat memperoleh koneksi dari sebuah BTS.

Lebih lanjut, modul radio tersebut juga dapat mengalokasikan carrier dalam rentang 60MHz, yang akan sangat berguna untuk operator yang pita frekuensinya terpisah-pisah. Modul ini mendukung kombinasi teknologi GSM, 3G, LTE atau LTE Advanced dalam satu unit, sehingga secara signifikan mengurangi unit hardware yang dibutuhkan oleh satu situs.

"Modul radio baru kami cocok untuk pemakaian ulang frekuensi GSM untuk layanan HSPA+ dan LTE serta penggelaran jaringan bersama," kata said Thorsten Robrecht, head of Network Systems product management, Nokia Siemens Networks.

"Lebih dari itu, kami merupakan satu-satunya vendor yang menggabungkan kapasitas dengan mengemas tiga remote radio head -atau sectors- dalam satu unit tunggal berukuran 25-liter, sehingga menawarkan evolusi yang mulus menuju situs multiradio ringkas dengan konsumsi daya yang lebih rendah," tambah Thorsten.

NSN juga mengklaim bahwa modul radio ini merupakan satu-satunya unit remote radio 3-sektor di industri yang dapat ditempatkan di dekat antena, sehingga sebuah bangunan multi-radio dapat ditempatkan dalam ruang dan situs terbatas, yang tidak mungkin ditempati oleh BTS tradisional.

Varian-varian frekuensi pertama dari modul radio ini, meliputi pita frekuensi 900, 900 J, 1800 dan 2100 akan tersedia untuk digelar secara komersial pada awal 2012. Varian-varian lain akan diluncurkan pada semestar pertama 2012.

(van)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini