Freco.com, Sebelum Beli Barang Lihat Review Dulu

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2011 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 20 90 481976 Y8CTiXpHpk.jpg Tampilan situs Freco.com

JAKARTA - Seiring dengan semakin banyaknya toko online yang merebak di Indonesia, terkadang membuat pembeli justru kebingungan dalam menentukan barang atau jasa yang ingin dibeli. Melihat kondisi tersebut, PT Makmur Sukses Untung (MSUN),  meluncurkan website freco.com.

Dirintis oleh R. Ari Sudradjat, Herjuno Wahyu Aji, dan Anton Nasser sejak akhir April 201, situs ini dibuat agar masyarakat mendapatkan pilihan yang terbaik sebelum mereka membeli barang/jasa. Sehingga jangan sampai sudah mengeluarkan biaya yang besar tapi mendapatkan barang/jasa yg kualitasnya kurang bagus.

Menurut R. Ari Sudradjat Direktur Utama PT MSUN dengan investasi USD 40 ribu, freco.com digunakan sebagai situs yang menjadi wadah referensi dari orang-orang untuk menentukan pilihan ketika menutuskan untuk membeli barang/jasa.  Ketika seseorang mau membeli barang atau jasa, mereka tinggal memasukkan kata kunci ke dalam freco.com.

Setelah itu freco.com akan menampilkan barang/jasa  yang di rekomendasikan oleh teman orang tersebut. Data yang  ada di freco adalah data yg diberikan oleh pengguna lain berdasarkan pengalaman mereka sendiri. 

"Kekuatan utama dari freco.com ini adalah karena rekomendasi yang  dicari oleh pengguna akan dicarikan berdasarkan pertemanan seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messenger dan lain-lain. Jadi, rekomendasi dari teman dan keluarga lah yg akan terlihat paling atas. Jalur pertemanannya otomatis diambil dari situs pertemanan, karena rekomendasi yang didapat dari pengalaman teman/orang yang telah mencobanya, otomatis akan terjamin kualitasnya," terang Ari, seperti dikutip melalui keterangan resminya, Rabu (20/7/2011).

Bahkan untuk mendapat rekomendasi, freco.com juga mewawancarai para selebritis/orang terkenal untuk memberikan rekomendasinya, agar bisa menjadi acuan nilai lebih buat para masyarakat yang mencari referensi.

"Beberapa public figur yang sudah memberikan rekomendasi antara lain; Marissa Nasution, Raffi Ahmad, Chris John (petinju), Thalita latief, Jessica Iskandar, Ananda Omesh,  Farah Quin, Sarah Sechan, Dokter Boyke, Fitri Tropika, Dinda Kanyadewi, dan lain-lain," jelasnya lagi.

Fitur lain yang menarik adalah, bila yang kita cari benar-benar tidak ada dalam database freco, maka akan di tampilkan di sebelah kanan freco.com, harapannya nanti ada pengunjung freco lainnya yang tahu informasinya akan mengisinya. Misalnya kita mencari ”tukang las” namun tidak ada orang yg merekomendasikan tukang las, maka akan ditampilkan pencarian dari google lalu kemudian dibagian kanan dari freco akan ditambahkan kategori ”tukang las” sehingga nanti begitu ada orang lain yang melihatnya, akan memberikan rekomendasi tukang las.

Meskipun freco.com diakses secara gratis, menurut Ari, untuk pendapatannya nantinya pihaknya akan mengandalkan iklan dengan kerja kerjasama dari ad-network seperti google adsense, admob,buzzcity dan lain-lain. Dimana pemasang iklan memiliki dua pilihan bagi pemasang iklan, pay for impressions (CPM) atau pay for click dengan range nilai nya sekitar USD0,02 - USD0,06 per klik.

“Secara bisnis jika sudah banyak pengunjungnya sumber pendapatannya akan berasal dari iklan,” kata Ari.

Diakui Ari, saat ini freco.com yang menyediankan ribuan info terus dikunjungi,tercatat sudah 100.560 hits dan 25.928 pages. Karena semua  orang bebas memberikan kategori apa saja yang mau direkomendasikan oleh mereka

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini