Inilah Solusi Smart Wi-Fi Baru dari Ruckus Wireless

Ahmad Taufiqurrakhman, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2011 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 29 324 485980 6g4ZNOelpa.jpg Ruckus wireless Zoneplex

JAKARTA - PT. Virtus Technology Indonesia (VTI) meluncurkan jajaran solusi akses internet nirkabel dari Ruckus Wireless (Ruckus), Smart Wi-Fi systems dalam wujud ZoneFlex Wi-Fi access points, ZoneDirector WLAN Controller, dan FlexMaster Management System.

Bersamaan dengan peluncuran solusi generasi terbaru dari Ruckus, VTI juga menyelenggarakan aktivitas pemasaran dan penjualan termasuk rekrutmen mitra bisnis baru yang memungkinkan para mitra bisnis VTI mendukung para pemain berbagai industri untuk meraih peluang dari pesatnya pertumbuhan Internet bergerak.

Sebagai bagian dari CTI Group, yang merupakan penyedia solusi TI terkemuka di Indonesia, VTI melihat potensi besar untuk Ruckus Smart Wi-Fi diimplementasikan oleh penyedia layanan dari berbagai industri seperti operator telekomunikasi, kesehatan, pendidikan, hospitality (hotel, restoran, kafe dll).

“Indonesia adalah pasar yang sangat menggairahkan karena besarnya adopsi penggunaan perangkat internet bergerak. Sekira 6,6 juta pengguna mengakses Internet dari smartphone," ujar Toto Alfin Atmojo selaku General Manager Software and Networking Group VTI melalui keterangan resminya, Jumat (29/7/2011).

"Mengacu pada jumlah pengguna telepon seluler yang mencapai 165 juta dan Internet sekira 30 juta, potensi pertumbuhan smartphone dan Internet bergerak di Indonesia sangat besat,” ktambah Toto.

“Wi-Fi merupakan satu-satunya teknologi nirkabel yang dapat berkomunikasi dengan smartphone maupun tablet, dan memungkinkan layanan Internet bergerak seperti layanan berbasis 3G dengan harga lebih terjangkau serta akses internet secara lebih cepat. Kami melihat kebutuhan Wi-Fi dari penyedia layanan dan perusahaan lainnya akan jauh lebih tinggi dibandingkan teknologi infrastruktur jaringan lainnya,” lanjutnya lagi.

Hasil ujicoba yang dilakukan oleh Tom’s Hardware, sebuah lembaga independen di bidang TI dan dipublikasikan baru-baru ini mengungkapkan bahwa solusi Ruckus mid-range ZoneFlex 7363 Smart Wi-Fi access point memiliki kinerja 10 kali lebih cepat dibandingkan produk-product Wi-Fi dari Cisco, Aruba, HP dan lainnya di lingkungan dengan tingkat interferensi tinggi dan high-density.

Berbeda dengan antena omni-directional yang memancarkan sinyal kesegala arah, Ruckus ZoneFlex access points, dilengkapi dengan teknologi antena adaptif, yang memanfaatkan built-in antenna array secara konstan mencari ‘jalan’ terbaik menuju perangkat penerima dan mentrasmisikan sinyal melaluinya. Antena cerdas tersebut secara terus menerus mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan secara keseluruhan dan berbagai sumber interferensi seperti tingkat kepadatan pengguna dan jaringan Wi-Fi lainnya serta memindahkan ke jalan lain untuk menjangkau perangkat penerima baik secara paket maupun per-client.

(ATA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini