Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Bingung Jalur Gaza Milik Palestina atau Israel?

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2011 14:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 08 08 55 489437 ZOWwHkmP8z.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Pesan berantai BlackBerry Messenger (BBM) kembali beredar di kalangan pengguna BlackBerry. Kali ini pesannya menyebutkan permohonan untuk melakukan voting yang dilakukan oleh Google mengenai daerah Jalur Gaza itu milik tetorial Palestina atau Israel.

Salah satu layanan peta digital milik Google, yaitu Google Earth disebutkan tengah meminta masukan melalui poling mengenai wilayah Jalur Gaza. Seperti diketahui wilayah tersebut masih merupakan daerah konfilik, yang diperbutkan oleh Israel dan Palestina.

Namun anehnya, di pesan tersebut poling yang katanya dari Google tersebut justru mengarahkan pengguna untuk masuk ke link yang lain, yang nampaknya sengaja diciptakan untuk poling tersebut.

"Google is having a vote on whether to name israel or Palestine on its map on Google earth please vote for Palestine and share. DO IT! Please!! All u have to do is click the link and click palestine !  pass on 2 as many people http://www.israel-vs-palestine.com/PS/E," tulis pesan BBM yang diterima okezone, Senin (8/8/2011).

Saat okezone menyambangin situs tersebut, nampak dua bendera Israel dan Palestina tampil di halaman depan. Di sini pengunjung disuruh memilih jawaban mengenai pendapatnya terhadap konflik antara di Jalur Gaza dengan meng-klik bendera Palestina atau Israel.

Hingga saat ini, sudah ada 6.287.956 pengunjung yang menyertakan polingnya, dengan presentase 51.7 persen untuk Israel dan Palestina sebesar 48.3 persen.

Belum diketahui mengenai pesan berantai yang beredar tersebut, karena selama ini belum ada keterangan resmi dari Google mengenai poling yang mereka lakukan tersebut. Apalagi di layanan earth.google.com tidak tertera rujukan mengenai poling tersebut.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini