Pilih Ponsel Touchscreen Layar Resistive atau Capacitive?

Senin 29 Agustus 2011 16:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 08 26 57 496809 fVZFdbRzUF.jpg salah satu tablet dengan layar resistive

Perkembangan teknologi ponsel cerdas sangat pesat sekali, apalagi setelah dirilisnya OS android oleh Google yang menambah persaingan di OS mobile phone dengan fitur touchscreen. Produsen ponsel berlomba-lomba memproduksi perangkat genggam dengan fitur touchscreen. Jika Anda memutuskan untuk membeli handphone atau tablet touchscreen yang perlu diperhatikan adalah teknologi dibaliknya.

Ada dua teknologi dari beberapa teknologi touchscreen yang sering digunakan oleh smartphone atau tablet touchscreen yang dijual dipasaran, yaitu Resistive dan Capacitive. Terdapat beberapa perbedaan yang mempengaruhi fungsi dan harga dari device yang menggunakan masing- masing teknologi tersebut.

Device dengan resistive screen dioperasikan dengan ditekan, karena resistive screen ini terdiri dari beberapa layer. Bisa ditekan menggunakan jari atau alat bantu serperti stylus atau tablet pen. Harga screen resistive ini lebih murah daripada capacitive screen. Resistive screen lebih akurat dari capacitive screen karena sensor screen bekerja pada bagian yang ditekan. Jenis screen ini cocok sekali untuk handwriting recognition. Kekurangan dari resistive screen ini tidak bisa multi touch, ditekan dua tempat sekaligus bersamaan.

Device dengan capacitive screen tidak bekerja dengan ditekan, screen jenis ini mengandalkan sensor electrode konduktor, seperti jari tangan kita. Layar capacitive ini tetap bagus dilihat dibawah sinar matahari. Cukup dengan sentuhan ringan langsung dapat mengaktifkan screen. Capacitive screen ini tidak berpengaruh jika kondisi layar kotor, dan layar ini mendukung multi touch. Sayangnya harga layar capacitive ini lebih mahal.

Sifat dan karakteristik dua teknologi layar ini mempengaruhi mempengaruhi penggunaan dan harganya, biasanya ponsel/tablet dengan layar capacitive lebih mahal daripada layar resistive. Contoh device dengan layar capacitive di pasaran yaitu, Apple iPhone, Samsung Galaxy S, HTC Incredible dan banyak lagi. Sedangkan contoh ponsel yang menggunakan layar resistive yaitu, Nokia N97, HTC Tattoo, LG Cookie KP500 dan lainnya. Perhatikan baik-baik spesifikasi ponsel jika anda ingin membelinya, terkadang sama tipe tapi beda seri berbeda pula spesifikasi layarnya, contohnya seperti tablet Huawei Ideos S7 seri 103 dan 105, seri 103 layar resistive dan seri 105 layar capacitive.

Hadi Ariawan, Pembaca okezone dan pemerhati IT

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini