Server RIM di Indonesia, Tarif BB Bisa Murah 50%

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Minggu 18 September 2011, 10:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 09 17 54 503819 o603taV7v2.jpg

JAKARTA - Semua operator di Indonesia menuliskan surat kepada Kementerian Kominfo untuk mendesak RIM membangun servernya di Indonesia. Lalu apa keuntungannya buat konsumen?

"Bila server RIM di Indonesia jelas keuntungan buat konsumen kita, karena tarif akan semakin murah, sebab trafik tak perlu ke luar negeri lagi. Lalu kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik buat pelanggan," jelas Direktur Marketing XL Axiata Joy Wahyudi, di Jakarta, Sabtu kemarin.

Dia juga menambahkan, bila server RIM dipasang di Indonesia, maka tarif BlackBerry di tanah air bisa menjadi lebih murah. Bahkan Joy mengatakan penurunan bisa mencapai 50 persen atau bahkan lebih.

Namun demikian, kabarnya RIM masih belum menaruh minatnya untuk memasang server di Indonesia. "Saya dengar server RIM akan dipasang di Singapura. Ini mengecewakan, karena Indonesia kan pelanggannya paling banyak se Asia Tenggara, bahkan se Asia," tambah Joy.

Selain itu, kehadiran server di Indonesia, dapat menjadikan kualitas layanan kepada pelanggan jauh lebih baik. Karena selama ini gangguan bisa dialami oleh dua sebab, karena operator atau RIM itu sendiri.

"Kalau sudah jaringan trouble dari RIM, kita hanya bisa bingung menjawab complain dari pengguna. Karena kita sendiri tidak bisa berbuat banyak, selain menunggu dari perusahaan itu sendiri," tandasnya.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini