Chrome Mulai Ancam IE & Firefox

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Minggu 02 Oktober 2011 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 02 55 509661 1ZALPIaGug.jpg Google Chrome

CALIFORNIA -  Persaingan browser akan semakin ketat dengan penetrasi Google Chrome yang menunjukkan geliatnya. Menurut data yang dilansir StatCounter, Google Chrome saat ini tengah mengancam posisi Mozilla Firefox.

Memang saat ini Chrome masih menjadi browser nomor dunia di dunia, namun Google terus bergerak secara agresif dalam mengiklankan alat perambannya tersebut yang meningkatkan market share mereka secara signifikan. Memulai pangsa pasar 15 persen pada Januari 2011, saat ini marketnya naik menjadi 23,6 persen per September 2011 kemarin.

Keunggulan Chrome yang sangat cepat ini, tidak terlepas dari menurunya pangsa pasar Internet Explorer dan Firefox. Browser milik Microsoft itu telah menurun dari sekira 46 persen pada awal tahun turun ke 42 persen. Sedangkan Firefox mengalami penurunan lima persen.

Sementara itu, seperti dilansir AFP, Minggu (2/10/2011), browser lain seperti Apple, AOS Safari dan Opera telah mengalami pertumbuhan yang sangat sedikit selama setahun terakhir.

Sementara StatCounter meramalkan adopsi yang lebih cepat dari Google Chrome, lembaga lain NetApplication memperlihatkan kesenjangan yang lebih luas antara berbagai browser dan memprediksi Chrome yang akan mengalahkan Firefox tahun depan.

Mereka juga memprediksi bahwa Internet Explorer, akan turun di bawah 50 persen dari semua pengguna.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini