Dibuka, Bandara Pesawat Angkasa Komersil Pertama

Ahmad Taufiqurrakhman, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2011 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 18 56 516855 61xR6OayMn.jpg Spaceport America di masa awal pembangunannya (foto: Wikipedia)

LOS ANGELES - Sebuah bandara udara untuk pesawat luar angkasa komersil yang pertama di dunia telah dibuka di wilayah Amerika Serikat (AS). 

Seperti yang dikutip dari AFP, Selasa (18/10/2011), milyarder kebangsaan Inggris, Richard Branson, secara resmi telah membuka bandara udara pesawat luar angkasa komersil yang pertama di gurun New Mexico, AS, yang mana merupakan markas baru bagi Virgin Galactic.

"Bandara yang diberi nama Spaceport America ini akan berfungsi sebagai pusat operasional Virgin Galactic, dan akan menampung dua pesawat WhiteKnightTwos dan lima SpaceShipTwos," ujar pihak Virgin Galactic dalam sebuah pernyataan.

"Selain itu, Spaceport America akan dipakai sebagai fasilitas persiapan para astronot dan pengendali misi," tambah pihak Virgin Galactic.

Virgin Galactic mengatakan bahwa sekira 150 orang sudah memesan tiket untuk perjalanan angkasa komersil pertama.

Di acara pembukaan bandara Spaceport America, hadir pula Commercial Director dari Virgin Galactic, George Whitesides dan astronot AS ternama yang jadi orang kedua menjejakkan kakinya di bulan, Buzz Aldrin.

(ATA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini