Share

Pengguna Internet di Indonesia Rendah, Cuma 2 Jam Sehari

Sandra Karina, Jurnalis · Selasa 15 November 2011 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 15 55 529768 aboTsyCgvX.jpg Ilustrasi (Foto: dok okezone)

JAKARTA - Nielsen mencatat, jumlah pengguna akses internet di Indonesia sepanjang tahun ini mencapai 21 persen. Direktur Telecom Practice Nielsen Indonesia Viraj Juthani mengatakan, Indonesia masih kalah dibandingkan dengan sejumlah negara lainnya, yakni Singapura yang sebesar 67 persen, Vietnam 58 persen, Malaysia 38 persen, Filipina 33 persen, dan Thailand 31 persen.

 

Secara rata-rata, kata dia, waktu yang digunakan oleh orang Indonesia untuk mengakses internet selama tahun ini juga paling rendah dibandingkan lima negara tersebut, yakni hanya 14 jam per minggu atau dua jam per hari. Sedangkan Singapura 25 jam per minggu, Filipina 22 jam, Malaysia 20 jam, Thailand 17 jam, dan Vietnam 16 jam.

Follow Berita Okezone di Google News

 

“Ketersediaan perangkat internet yang lebih baik mendorong penggunaan media digital di Indonesia dan membawa perubahan yang signifikan terhadap cara konsumen menggunakan media, terutama untuk menambah multi-tasking terhadap konsumsi media,” kata Viraj, di Jakarta.

Viraj menambahkan, sebesar 55 persen orang di Indonesia menggunakan dua atau lebih media dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, kata dia, sebesar 45 persen mengakses internet dan menonton televisi secara serentak.

Jenis-jenis kategori halaman jejaring sosial terutama facebook dan twitter yang paling disukai oleh orang di Indonesia adalah teknologi, fesyen, event, dan olahraga.

“54 persen wanita lebih suka fesyen ketimbang pria yang hanya 22 persen. Sedangkan untuk wanita yang berusia 20-29 tahun sebesar 41 persen suka fesyen dan usia 30-39 sekitar 26 persen suka fesyen,” jelasnya.

Masih menurut Nielsen, lima aktivitas yang paling sering dilakukan oleh orang di Indonesia melalui Facebook adalah 91 persen mengirim pesan pribadi, 91 persen memperbaharui profil, 86 persen melihat akun orang lain, 84 persen memperbaharui status, dan 79 persen memasang foto.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini