Apakah Kreativitas Nazieb Melanggar Hak Cipta?

Yoga Hastyadi Widiartanto, Jurnalis · Jum'at 18 November 2011 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 18 55 531070 awp026gN7P.jpg Interface FB (foto : Facebook)

JAKARTA - Kreativitas adalah aset paling berharga yang bisa dimiliki seseorang, tapi, tentu saja, setiap tindakan kreatif harus beriringan dengan penghargaan terhadap hasil kerja orang lain.

Seorang bloggger Indonesia, Ainun Nazieb, membuat dengan themes blog 'Smells Like Facebok' dan kini menghadapi masalah akibat blognya serupa dengan tampilan Facebook. Keisengan ini adalah kreativitas Ainun. Themes tersebut menarik perhatian kawan-kawannya sehingga Ainun pun membagikan 'Smells Like Facebook' pada mereka yang memintanya.

Apakah ini pelanggaran terhadap hak cipta?

"Ini soal kreativitas dia (Ainun), tapi bukan dalam kreativitas desain. Kreativitasnya dia itu soal coding dan template. Apakah motifnya soal bisnis atau bukan, itu (themes Ainun) tetap bisa dianggap pelanggaran terhadap hak cipta," terang Donny B.U. pengamat social media dari ICT Watch, saat dihubungi okezone, Jumat (18/11/2011).

Persoalan hak cipta ini memang sensitif dan harus dihargai oleh sesama pelaku kreatif. Ada etika dan aturan tertentu yang berlaku dalam soal kreatifitas. Namun memang tidak semua orang paham mengenai aturan dan etika ini.

Mengenai masalah ini, Donny berpendapat,"Pertama yang harus kita cari tahu apakah blogger itu paham soal aturan hak cipta. Kita harus tahu itu dulu sebelum menyatakan melanggar etika. Melanggar itu kalau sebelumnya sudah tahu aturan. Kedua, kenapa dia sampai melanggar? Masalah ini bukan hanya soal pribadi saja. Ini berarti PR bagi semua blogger untuk saling mengingatkan."

"Sosialisasi lebih lanjut (mengenai etika blogger) memang perlu, tapi jangan sampai kita fokus pada hak cipta saja karena itu bisa disalahgunakan dan membuat orang jadi pelit ilmu. Semangat blogger itu sharing, lewat internet kita berbagi ilmu. Jadi kita harus menghargai hak cipta juga tetap mau berbagi," tambahnya.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini