Spray Khusus Anti Air untuk Ponsel

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Selasa 22 November 2011 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 22 57 532714 sblqFANVTQ.jpg Cara kerja Spray pelindung air pada Ponsel (F: Daily Mail)

LONDON - Di masa yang akan datang, mungkin ponsel akan dibuat dari bahan yang tahan terhadap air, tapi kita belum tahu kapan perangkat itu terealisasi. Perusahaan HZO telah membuat spray yang membuat ponsel bisa tahan terhadap percikan bahkan masuk ke dalam air.

Semua orang merasa air adalah musuh nyata bagi ketahanan ponsel mereka, karena air bisa membuat ponsel menjadi rusak. Kini, pengguna tidak perlu takut dengan air, pasalnya perusahaan HZO telah membuat 'spray' yang dapat membuat lapisan pelindung, sehingga ponsel tetap berfungsi meski terkena percikan air, bahkan saat ponsel berada di wadah yang berisi air.

HZO sebelumnya membuktikannya pada ponsel Samsung Galaxy S yang tetap berdering dan bisa digunakan ketika berada di dalam akuarium yang berisi air. Perusahaan memang belum memproduksinya secara masal dan dijual untuk umum, namun jika itu dibutuhkan maka HZO akan segeran mengembangkannya.

Sebuah fakta di Inggris menunjukan, 52 persen kerusakan ponsel yang terjadi di sana disebabkan karena pengguna menjatuhkannya ke toilet dan terkena banyak air. Selain itu satu juta ponsel di seluruh dunia juga rusak akibat terkena air.

Teknologi yang ditawarkan HZO ketika spray disemprotkan pada permukaan ponsel, ialah membuat lapisan ultra tipis yang akan melindungi semua bagian ponsel termasuk setiap lubang, seperti port USB, headphone dan charger. Lapisan itu berfungsi mencegah air masuk ke bagian terkecil dari ponsel dan menanggulangi terjadinya kerusakan.

"HZO menggunakan peroses pelapisan yang unik untuk melindungi hampir semua hal mulai dari air dan kerusakan korosi. Ini tidak seperti solusi kerusakan air pada umumnya," isi pernyataan HZO, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (22/11/2011).

"Komponen elektronik di dalam perangkat dilapisi untuk memberikan perlindungan dan menjaga ponsel dari kecelakaan yang tidak terduga," tambah HZO.

Zagg yang merupakan bagian dari perusahaan HZO, sedang berupaya untuk menggabungkan lapisan HZO pada iPhone di tahun depan dan akan dipaketkan pada penjualannya. Ini karena sebelumnya banyak pengguna iPhone mengeluh karena kartu garansi mereka tidak berfungsi jika ponsel besutan Apple rusak karena air.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini