Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Internet di Indonesia Berpotensi Mengubah Dunia

Yoga Hastyadi Widiartanto, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2011 14:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 12 03 55 537554 XWt3eKmqae.jpg Wakil Dubes AS Ted Osius (Foto: Yoga/ okezone)

JAKARTA - Penetrasi internet di Indonesia melesat dengan cepat, bisa diprediksi suatu saat pengguna internet di Indonesia bakal berbicara banyak di level internasional.

Ketika ditemui di sela-sela acara On|Off, di Epicentrum Walk, Sabtu (3/12/2011), Ted Osius, Wakil Dubes AS mengatakan "Dalam negara demokrasi, internet dan jejaring sosial dapat menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi."

"Saya pikir pertumbuhan internet di Indonesia sangat mengagumkan. Indonesia adalah negara kedua dengan pengguna Facebook terbesar, ada 50 juta atau 15 persen tweet setiap harinya berasal dari Indonesia, Indonesia punya 5 juta blogger, ini benar benar pertumbuhan yang cepat," tambahnya.

Penggunaan jejaring sosial tersebut tentu bukan hanya sebagai tempat mencari teman saja. Banyak perubahan terjadi melalui segala hal yang mencuat melaluinya. Mulai dari ekonimi, sosial, budaya, dan berbagai aspek lain, semua dapat dipengaruhi oleh jejaring sosial dan internet.

"Anda bisa lihat bagaimana internet mengubah dunia pada berbagai hal yang kita temui. Misalnya pada kasus Cicak (kasus KPK.red), orang-orang Indonesia online dan berkata kami adalah cicak. Orang-orang itu mengubah cara pandang politikus dan pemimpin Indonesia dalam melihat masalah ini, mereka jadi sadar masyarakat serius melawan korupsi," tambah Ted.

"Kita juga bisa lihat pada Prita (Mulyasari). Ketika dia mengatakan bagaimana dirinya diperlakukan di rumah sakit, semua orang online untuk mendukung hak dia. Bagaimana orang-orang yang online bisa membuat suatu perbedaan adalah hal yg menarik," tambahnya.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini