HP Sumbangkan Sistem Kode WebOS untuk Pengembang Open Source

Andina Librianty, Jurnalis · Minggu 11 Desember 2011 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 11 325 540797 EzFTFGKf0h.jpg HP (Foto: Google)

CALIFORNIA - HP dikabarkan akan melepas kode dibalik sistem operasi mobile, WebOS untuk pengembang perangkat lunak open source.

Sementara itu, perusahaan tersebut akan terus berinvestasi dalam proyek untuk membantu pihak ketiga menambahkan perangkat tambahan.

"Dengan berkontribusi dengan inovasi ini, HP merilis kreatifitas open source untuk memajukan generasi baru aplikasi dan perangkat," ujar CEO HP, Meg Whitman, seperti dilansir BBC, Minggu (11/12/2011).

Sebuah pernyataan dari perusahaan tersebut mengatakan, akan membuat kode dasar dibalik WebOS tersedia di bawah lisensi open source. Sehingga pengembang pihak ketiga, mitra dan insinyur HP bisa memberikan perangkat tambahan yang ada dan versi baru ke pasar.

Menurut analis, keputusan itu akan menjamin masa depan platform setidaknya dalam jangka pendek dan menengah.

"Namun kita masih belum berpikir, itu akan menjadi platform utama untuk menyaingi Android dan iOS. Ini akan menarik bagi pembuat tablet umum di luar sana," kata Chris Green, analis teknologi dDavies Murphy Group Europe.

Sementara itu Collin Gillis, analis teknologi senior di BGC Partner berkomentar, bahwa HP akhirnya melewatkan kesempatan untuk menggangu pasar dengan komputer mobile yang didukung oleh perangkat lunaknya.

"Pemenang sebenarnya di sini adalah Microsoft," tandasnya.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini