Pendiri Microsoft Buat Pesawat Ruang Angkasa Komersial

Andina Librianty, Jurnalis · Rabu 14 Desember 2011 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 14 56 542324 2yJ9KK91xY.jpg Kendaraan ruang angkasa dari Stratolaunch Systems (Foto: Telegrap)

SAN FRANSISCO - Salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen telah merencanakan untuk meluncurkan sebuah pesawat terbang komersial, yang bisa menggantikan Space Shuttle. Allen akan membangun pesawat terbesar yang pernah ada untuk membawa roket ke ketinggian 30 ribu kaki, sebelum dilepaskan dan mendorongnya ke orbit.

Dilansir Telegraph, Rabu (14/12/2011), Allen memiliki sebuah perusahaan baru, Starlaunch yang akan memulai kendaraan ruang angkasa untuk mengangkut kargo pemerintah, komersial dan satelit. Kemudian baru akan beralih ke misi manusia.

Starlaunch merupakan perintis dari solusi inovasi yang akan merevolusi perjalanan ruang angkasa. Proyek baru akan diumumkan lima bulan, setelah misi final dari program Space Shuttle NASA, berakhir setelah 30 tahun.

Pesawat 'raksasa' itu akan memiliki lebar sayap 380ft, dan menjadi yang terbesar dari yang pernah dibuat. Uji coba pertama dari pesawat dan sistem seharusnya dilakukan pada 2016.

Allen meninggalkan Microsoft pada 1983, dan berdasarkan informasi dari majalah Forbes total kekayaannya diperkirakan mencapai USD13,2 triliun. Sehingga membuatnya menjadi orang terkaya ke 57 di dunia.

"Saya telah bermimpi untuk mengambil langkah besar berikutnya dalam penerbangan ruang angkasa,dengan menawarkan sistem pengiriman orbit ruang angkasa," ujar Allen.

Dia jua mengungkapkan, sedang berada di awal perubahan radikal dalam industri peluncuran ruang angkasa.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini