PlayBook Bikin Saham RIM Hancur Lebur

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2011, 15:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 12 15 57 542805 7gZetDIIe1.jpg Tablet PlayBook
CALIFORNIA - Research in Motion (RIM) telah melakukan kesalahan dalam menangani debut tablet PlayBook-nya, yang telah merugikan perusahaan tersebut lebih dari sekedar penjualaan. Sebab, selain penjualan yag mengecewakan, saham RIM juga terjun bebas sejak memperkenalkan PlayBook.

Saham vendor asal Kanada tersebut telah turun 72 persen sejak 19 April, ketika PlayBoo pertama kali diperkenalkan di pasar Amerika Serikat (AS). Memang saham RIM sempat naik, namun tidak lebih dari 5 persen, itu pun sejak datang kabar kalau Microsoft dan Samsung mempunyai rencana membeli RIM.

"Masalah utamanya adalah RIM membuat PlayBook jauh lebih banyak, dari penjualan yang diperoleh. Alhasil PlayBook mereka banyak menumpuk di gudang," kata salah satu analis, yang dikutip melalui BussinesWeek, Kamis (15/12/2011).

RIM membeli perusahaan Kanada bernama QNX Software dengan maksud membangun kembali kejayaanya di masa depan. Ponsel yang berbasis QNX dan diperkenalkan sebagai OS 10 ini bakal mulai dibenamkan di BlackBerry paling lambat tahun 2012.

Seharusnya bisa saja PlayBook memimpin armada perangkat baru yang canggih untuk menghidupkan kembali  kejayaan perusahaan yang berbasis di Waterloo tersebut. Namun penundaan membuat PlayBook akhirnya gagal total di pasar, termasuk Asia.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini