nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TheCrowdVoice, Aplikasi Lokal yang Menang di Australia

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Senin 26 Desember 2011 10:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 12 26 325 547174 neSjKG3eel.jpg Logo TheCrowdVoice

JAKARTA - Aplikasi besutan developer asal Indonesia, ternyata tidak kalah dengan aplikasi lain buatan luar negeri. Salah satunya adalah aplikasi BlackBerry TheCrowdVoice (TVC) buatan Gani Software. Bahkan aplikasi ini mendapatkan pengakuan dari negara lain, dengan memenangkan Australian BlackBerry Developer Challenge, sebagai 'Aplikasi terbaik yang menghubungkan pemakainya'.

Menurut co Founder Gani Software, Jonni Gani, ide membuat aplikasi TVC ini berawal dari status update pendek yang marak di jejaring sosial memang kontroversial. Banyak yang suka, banyak juga yang mencibirnya. Dia pun lalu berpikir "Andaikan ada aplikasi yang bertolak belakang dengan konsep status update, apa akan disukai orang?"

"Berbekal pertanyaan ini, saya membuat sebuah aplikasi BB bernama TheCrowdVoice. Di jejaring sosial, para penulis menulis untuk kesenangannya sendiri," kata Gani, kepada okezone melalui surat elektronik-nya, di Jakarta, Senin (26/12/2011).

Dia menambahkan, di TheCrowdVoice, para pengguna menulis atau memposting untuk kenikmatan pengguna lain. Maka muncullah di AppWorld yang digambarkan sebagai sebuah "aplikasi cantik dan asik untuk menemukan dan berbagi kisah dan gambar menarik."

"Aplikasi ini mendapatkan sambutan yang hangat. Ada orang-orang yang mengerti konsep TheCrowdVoice. Mereka berbagi postingan-postingan menarik, dan ngobrol di sekitar post ini," katanya.

Tidak sampai di situ, tanpa promosi jumlah member bertambah, karena menurut Gani, member- member di TVC menggaet temannya bergabung. Padahal TheCrowdVoice tidak ada konsep invite friends layaknya Facebook. Cukup membanggakan, karena Desember 2011 TheCrowdVoice memenangkan Australian BlackBerry Develope Challenge, untuk kategori "aplikasi terbaik yang menghubungkan pemakainya".

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini