Tahun Ini Chrome Bisa Jegal Internet Explorer

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Selasa 03 Januari 2012 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 03 55 550783 0ABNQ0acNs.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

SAN FRANCISCO - Tahun 2012 ini bakal menjadi tahunnya browser Chrome milik Google. Dengan pertumbuhan yang terus melaju dengan cepat, serta para rival yang mulai ditinggalkan penggunanya, bukan tidak mungkin tahun ini Chrome bakal menghadang laju Internet Explorer (IE) sebagai pemuncak daftar alat peramban.

Tanda-tanda itu semakin nampak, saat survei yang dikeluarkan StatCounter menujukkan saat ini Chrome menjadi pilihan utama para peselancar dunia maya. Terbukti satu dari empat pengguna internet lebih memilih Chrome dibandingkan browser yang lain. Menurut survei itu, Chrome mampu menguasai pasar sebanyak 27 persen.

Dilansir melalui Pocket Lint, Selasa (3/1/2012), di saat Chrome sedang menikmati pertumbuhannya, justru IE terus kehilangan dominasinya setiap hari. Memang saat ini, browser bawaan Microsoft itu masih memuncaki klasmen peramban secara global dengan share 38 persen, akan tetapi IE harus kehilangan 70 persen dominasinya sejak tahun 2008.

Boleh dibilang, saat ini Chrome sedang menikmati popularitanya sedangkan IE tengah meratapi dominasi pengguna browsernya yang semakin menurun. Bahkan diprediksi Statcounter, Chrome bakal menjungkalkan posisi IE pada bulan Juni atau Juli tahun ini.

Mozilla Firefox juga di bawah ancaman dari serangan Chrome, dengan pangsa 25,27 persen atau turun 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara Safari hanya menguasai tidak lebih dari 6 persen, atau  naik dari 4,79 persen pada Desember 2010 dan Opera datang di tempat kelima dengan irisan 1,98 persen dari 'kue' browser ini.

Google Chrome baru diluncurkan pada akhir tahun 2008, tetapi dengan integrasi dekat dan menambahkan fitur untuk orang yang menggunakan fitur-fitur andalan Google lainnya seperti Gmail, Google Docs dan sejenisnya.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini