Gestur Tubuh Mempermudah Belajar Bahasa Asing

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Kamis 05 Januari 2012 06:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 01 04 56 551660 h2C7ww8a6l.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

LEIPZIG - Seseorang yang hendak belajar bahasa baru akan lebih mudah ketika kata-kata yang dipelajari disertai dengan gerakan atau gerak tubuh. Demikian hasil survei sekelompok peneliti di Eropa.

Dua puluh sukarelawan mengambil bagian dalam kursus enam hari di Institut Max Planck dalam sebuah studi bertajuk 'Manusia Kognitif dan Ilmu Otak' di Leipzig, Jerman, untuk belajar "Vimmi," sebuah bahasa buatan yang dirancang untuk membuat hasil penelitian lebih mudah untuk menafsirkan.

Setengah dari materi yang disajikan diajarkan menggunakan instruksi lisan dan tertulis dan latihan. Sisi lain diajarkan dengan gerakan tubuh untuk menemani setiap kata, di mana siswa diminta untuk bertindak keluar.

Peneliti Manuela Makedonia dan Thomas Knosche mengatakan peserta mengingat secara signifikan lebih dari kata-kata diajarkan dengan gerakan, dan mereka lebih mudah digunakan saat membuat kalimat baru. Demikian dilansir UPI, Kamis (5/1/2012).

Para peneliti mengatakan ini benar tidak hanya kata-kata yang memiliki mitra fisik intuitif, seperti "dipotong," tetapi juga dengan kata-kata abstrak seperti "agak" yang tidak setara gestural dengan jelas.

Makedonia dan Knosche mengatakan mereka percaya berlakunya gestural membantu memori dengan membuat representasi yang lebih kompleks dari kata yang membuatnya lebih mudah diambil.

"Metode ini benar-benar bisa mempercepat belajar bahasa asing di sekolah," kata Makedonia.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini