Udang Raksasa Ditemukan di Selandia Baru

Andina Librianty, Jurnalis · Minggu 05 Februari 2012 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 02 05 56 569842 pLDQF96o2S.jpg Supergiant amphipod (Foto: BBC)

WELLINGTON - Sebuah crustacea besar atau sejenis udang raksasa telah ditemukan bersembunyi di kedalaman 7 kilometer di palung Kermadec, perairan Selandia Baru.

Hewan ini disebut sebagai supergiant dan merupakan jenis dari amphipod yang biasanya memiliki panjang sekira 2 hingga 3 sentimeter. Tapi kali ini amphipod yang ditemukan memiliki ukuran hampir lebih dari 10 kali lipat dibandingkan ukuran biasa, yakni 34 sentimeter.

Dilansir BBC, Minggu (5/2/2012), Alan Jamieson dari Laboratorium Kelautan University of Aberdeen mengatakan, "Ini seperti menemukan kecoa berkaki panjang. Aku berhenti dan berpikir:'Apa yang ada di bumi ini? Amphipod ini jauh lebih besar dari yang pernah saya pikirkan."

Berkat perangkap logam besar, yang telah dilengkapi kamera berlapis kaca safir untuk tetap aman dari tekanan tinggi pada laut dalam akhirnya hewan tersebut berhasil ditemukan. Tujuh spesimen berhasil terjebak di dalam perangkap, sedangkan sembilan lainnya hanya gambarnya saja yang berhasil tertangkap kamera oleh tim dari University of Aberdeen, Skotlandia dan National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA), Selandia baru.

Kemudian spesimen terbesar dibawa kembali ke kapal dan ketika diukur memiliki panjang 28 sentimeter, sedangkan ketika terlihat dikamera memiliki panjang 34 sentimeter.

Supergiant amphipod serupa sebelumnya juga telah ditemukan di lepas pantai Hawai pada 1980.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini