Ubuntu Hadirkan Rasa Desktop di Android

Yoga Hastyadi Widiartanto, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2012 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 24 325 581756 R7Uxde2vLS.jpg ilustrasi (foto: Geeky-Gadgets)

LONDON - Canonical menghadirkan Ubuntu for Android, sebuah add-on yang memungkinkan penggunannya untuk menjalankan desktop Linux dalam ponsel cerdas, atau dengan kata lain membuat penggunanya bisa menjinjing komputer ke mana pun diinginkan.

Ubuntu for Android dirancang untuk berjalan bersamaan dengan sistem operasi standar Android, sehingga penggunanya tetap bisa mengakses ponsel cerdasnya. Pengguna cukup memasang ponselnya ke sebuah docking yang terhubung pada monitor untuk bisa sepenuhnya menampilkan Desktop Ubuntu. Demikian dilansir Expert Review, Jumat (24/2/2012).

Karena Android serta Ubuntu sama-sama menggunakan kernel Linux, kedua sistem tersebut bisa berbagi data, termasuk kontak, dokumen, foto, juga koneksi jaringan. Satu-satunya hal yang berubah adalah cara pengguna mengakses informasi.

Data yang sedang dikerjakan juga bisa disinkronisasi dengan kedua sistem tersebut. Jadi, bila sedang mengerjakan sebuah email di Ubuntu, pengguna bisa mengambil ponsel cerdasnya dan meneruskannya lewat Android.

Ubuntu for Android bisa digunakan pada perangkat Android apapun, dengan syarat memiliki dapur pacu prosesor dual core, RAM 512MB, serta dukungan HDMI dan USB.

"Ubuntu for Android mengubah ponsel cerdas mutakhir menjadi desktop produktif  milik Anda, kapan pun dibutuhkan," kata Mark Shuttleworth, founder Canonical.

Saat ini Canonical sedang dalam pembicaraan dengan produsen handset, untuk menyertakan perangkat lunaknya. Meskipun sebenarnya, Ubuntu for Android juga akan dirilis ke komunitas open source.

Belum ada tanggal rilis yang terungkap, tetapi situs resmi Ubuntu for Android mengungkap  bahwa perangkat lunak tersebut akan hadir di akhir 2012.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini