iPhone 4S: Menikmati Sensasi Siri

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Jum'at 02 Maret 2012 10:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 03 02 207 585801 cpizoRWYdW.jpg Siri di iPhone 4S (Foto: Andina/ okezone)

Saat Apple mengumumkan iPhone 4S akhir tahun lalu sebagian besar pencinta sedikit terkejut. Satu karena yang naik ke atas panggung untuk mempresentasikan bukanlah Steve Jobs. Kedua, generasi ponsel cerdas Apple tersebut memperkenalkan fitur asisten pribadi bernama Siri, yang bahkan sepanjang rumor sebelum kemunculannya tidak satupun yang menyentuh fitur itu.

Walau tidak ada perbedaan mencolok dengan iPhone 4, namun iPhone 4S tetap ramai diburu, apalagi strategi marketing khas Apple membuat orang penasaran mencoba seperti apa Siri. Bahkan, saking ramainya peminat iPhone 4S di China, sempat terjadi kerusuhan saat antrian pembelian kacau yang berujung pada penghentian penjualaan sementara waktu.

Di Indonesia juga turut merasakan euforia iPhone 4S dengan Siri-nya tersebut. Sempat terbetik, apakah Siri dapat dimaksimalkan untuk konsumen Tanah Air, mengingat layanan bahasa fitur ini masih terbatas pada bahasa Inggris dengan berbagai aksen, serta bahasa Jerman.

Untuk memulai menjajal Siri ini, langkah sederhana yang harus dilakukan adalah, mengaktifkannya terlebih dahulu. Karena Siri bukan aplikasi yang nongol di antarmuka. Caranya: Masuk ke menu Setting -> General - > Pilih Siri -> Lalu aktifkan. Jangan lupa juga untuk memasukkan setingan seperti lokasi, informasi pribadi dan yang lainnya untuk memaksimalkan si Siri ini.

Siri tanpa bahasa Indonesia?

Saat dijajal okezone, memang agak kurang sreg rasanya bila 'ngobrol' dengan Siri tanpa bahasa sehari-hari. Tapi melihat harga iPhone 4S yang termasuk mahal, dan segmen yang kelas atas, rasanya Siri dengan Inggris sudah cukup. Apalagi terkadang settingan general yang tersedia dalama bahasa Indonesia di iPhone pun tidak kita gunakan, bukan?

Untuk Apa saja Siri?

Seperti sebutannya, fitur asisten pribadi, Siri memang bertugas sebagai asisten kita untuk melakukan aktivitas dengan perangkat genggam. Tapi, jangan berpikir ini sama dengan Google Voice. Sebab, di Siri feedback terjadi secara real time. Sehingga seolah-olah kita sedang berbicara melalui iPhone.

Beberapa tugas yang bisa dilakukan dan dijajal oleh okezone,

- Mengirim pesan: Email, SMS dan menelpon

- Membuat agenda, mengingatkannya.

- Mencari list lagu di iTunes dan memutarnya

- Mencari informasi apapun itu, seperti "Siapa Lady Gaga", "Sebutkan Presiden Indonesia", "Apa gosip terbaru dari Madonna"

- Mencari lokasi dan solusinya. Ini hanya terbatas di Amerika Serikat saja. Tapi bisa juga kita manfaatkan di Indonesia.

- Dan masih banyak lagi tugas yang bisa dilakukan oleh Siri.

Namun yang perlu diingat adalah Siri bukanlah fitur yang juga bisa dinikmati secara offline. Sehingga kebutuhan data mutlak dilakukan untuk menunjang agar Siri bisa berjalan. Nah,  memang sih sangat asyik bila menggunakan jaringan WiFi untuk menikmati Siri secara maksimal. Akan tetapi, bukan berarti operator tidak bisa melakukannya dengan baik.

Telkomsel misalnya. Operator dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia ini bahkan menyediakan paket khusus untuk pengguna iPhone bagi pelanggan prabayar ataupun pascabayar.

Untuk pelanggan prabayar (baik pelanggan existing atau pelanggan baru), disediakan paket khusus iPhone harian atau bulanan sebagai opsi paket. Pembelian paket dilakukan via *999*1# atau *789#. Harian dikenakan biaya Rp5 ribu per hari dengan data unlimited Up to 512 kbps, sedangkan bulanan sebesar Rp99 ribu dengan data unlimited 1Mbps.

Telkomsel juga melakukan bundling untuk mendapatkan iPhone 4S ini, semuanya tersedia mulai dari 16Gb sampai dengan 64Gb. Informasi mengenai paket tersebut bisa di-klik di situs Telkomsel.

(tyo)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini