CEM On Demand, Solusi Manajemen Pelanggan untuk Operator

Yoga Hastyadi Widiartanto, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2012 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 22 54 598186 dzDO5eE10n.jpg Iris Heinonen (Foto: Yoga)

JAKARTA - Nokia Siemens Network memaparkan solusi baru miliknya, untuk mengatasi permasalahan dalam manajemen pelanggan. Disebut sebagai Customer Experience Management (CEM) on demand, solusi tersebut diklaim bisa menyulap pelanggan layanan telekomunikasi jadi lebih setia.  

Perangkat lunak CEM sendiri bukan hal baru. "Kami sudah memilikinya selama 10 tahun. Tapi portal CEM on demand adalah yang terbaru. Kami meluncurkannya pada valentine tahun ini," tandas Iris Heinonen, Global Head of Marketing and Corporate Affairs for Business Solutions, Nokia Siemens Network, di Menara Mulia, Kamis (22/3/2012).

          

Dengan meningkatnya jumlah pemakai ponsel cerdas, konsumen menuntut kualitas layanan yang lebih baik. Tuntutan tersebut membuat munculnya tuntutan yang tidak mudah, yaitu operator perlu memperbesar kapasitas jaringannya. Sehingga hal itu menjadi penting bagi operator untuk memberikan perhatian pada aspek pengalaman pengguna.

 

Melalui CEM on demand, operator bisa memperoleh informasi cara konsumen menggunakan layanannya. Informasi tersebut berguna untuk menentukan alokasi sumber daya jaringannya, sesuai dengan harapan dari berbagai segmen konsumen.

 

"Dengan alat ini mereka bisa mengidentifikasi cara konsumen melakukan akses data, apakah melalui perangkat 3G atau 2G," terang Heinonen.

 

Selain itu hal lain yang bisa diketahui lewat alat tersebut, diantaranya adalah jam berapa lalu lintas layanannya mengalami lonjakan, jenis perangkat dan kinerjanya dan lokasi. Informasi tersebut ditampilkan secara real-time. Kemudian berdasarkan informasi itu, portal memberikan rekomendasi tindakan yang mesti diambil untuk meningkatkan pengalaman konsumen.

 

"Dengan memberikan pengalaman konsumen yang lebih baik, pengguna yang biasanya hanya memakai 200MB per hari, bisa naik jadi 2GB per hari. Ini berarti revenue yang lebih besar," ujar Heinonen.

 

Praktisnya, portal CEM on demand yang ditawarkan sebagai layanan cloud (Software as a Service) ini bisa diakses dari peramban apapun yang mendukung. "Portal ini juga bisa diakses melalui iPad, sehingga sangat portabel," pungkasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini