Tumblr Larang Postingan tentang Anoreksia

Andina Librianty, Jurnalis · Selasa 27 Maret 2012 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 27 55 600443 Z8xckOmQrp.jpg Tumblr (Foto: Telegraph)

CALIFORNIA – Tumblr akan segera mulai menghapus posting yang mempromosikan gangguan makanan, menyakiti diri dan bunuh diri. Hal ini disampaikan layanan blog tersebut melalui sebuah posting di situsnya.

 

“Pesan dan sudut pandang kita adalah kita sangat menentang dan tidak ingin menjadi tuan rumah (tentang posting gangguan makanan, menyakiti diri dan bunuh diri),” tulis Tumblr di siturnya, seperti dilansir dari Telegraph, Selasa (27/3/2012).

 

Vice President of Support Tumblr, Marc LaFountain mengatakan bahwa Tumblr ingin menghormati kebebasan berbicara, tapi melindungi anak muda yang menggunakan situs itu juga merupakan hal yang penting. Bahkan diungkapkan LaFountain, mayoritas tanggapan yang didapat dari larangan tersebut positif.

 

Langkah Tumblr pun mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. “Website yang mempromosikan kerugian diri sendiri dan gangguan makan bisa sangat merusak. Mereka cenderung kontrapoduktif dan mungkin berbahaya untuk seseorang yang ada dalam kondisi kritis,” kata juru bicara Mental Health Charity Mind.

 

“Membahayakan diri sendiri dan gangguan makan adalah masalah serius, sehingga Tumblr harus melarang blog mempromosikan hal semacam itu dan tidak mengarahkan orang-orang ke tempat di mana mereka bisa mendapatkan bantuan serta dukungan untuk melakuakan hal tersebut,” tambahnya.

 

Bulan lalu, Tumblr mengumumkan rencana untuk mengubah kebijakan konten untuk menyingkirkan posting dan blog yang mempromosikan anoreksia, bulimia dan gangguan makanan lainnya. Tidak hanya itu, tapi juga mengenai bunuh diri dan menyakiti diri.

 

Untuk mendukung langkahnya, Tumblr bekerjasama dengan National Disorders Association (NEDA), sebuah badan amal Amerika Serikat (AS).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini