nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Robot Andalan Universitas Brawijaya di Kompetisi Abu Robocorn

Hari Istiawan, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2012 17:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 05 16 56 630656 nFJNGq4akW.jpg Tim Robot Universitas Brawijaya (foto: Hari Istiawan/Okezone)

MALANG - Tim robot Bhatara dari Fakultas Teknik Elektro, Universitas Brawijaya, Malang siap bersaing dalam kompetisi robot yang diadakan Abu Robocorn. 

Robocorn yang merupakan asosiasi robot di Asia Pasifik setiap tahunnya mencari perwakilan dari satu universitas di sebuah negara.

Pelaksanaan kompetisi untuk mencari perwakilan dari Indonesia ini akan digelar di Bandung, pada Juni nanti.

Salah satu anggota tim, Muhammad Rizal mengatakan, timnya optimis robot hasil karyanya akan memenangkan kompetisi. Apalagi robotnya pernah meraih juara tiga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat regional Jawa Timur dan Bali, Mei lalu.

Menurutnya, proses perakitan robot yang akan diikutkan dalam kompetisi nanti ini sudah dirakit sejak satu tahun lalu dengan membuat tiga robot yakni, robot manual yang dikendarai driver, robot otomatis, dan robot robot collector. "Saat ini masih dalam tahap final dan mempercanggih komponen," kata Rizal, Rabu (16/5/2012).

Dalam kompetisi nanti, kata Rizal, aturan yang diberlakukan adalah membuat robot dengan tema atau ide awal tradisi budaya tahunan masyarakat Hongkong yang bernama Peng On Dai Gat. Tradisi itu merupakan tradisi mengambil bakpao di atap atau tower.

Sehingga, sistematika robot yang diciptakan timnya ini di antaranya adalah robot manual yang dikendarai driver harus bisa mengambil koin yang kemudian dimasukkan di box khusus. Setelah itu, robot otomatis boleh memulai pergerakannya untuk mengambil keranjang dan seterusnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini