Kemenkominfo Siapkan 2 Permen Baru Soal Digitalisasi

Andina Librianty, Jurnalis · Senin 11 Juni 2012 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 11 54 645080

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah membuka pendaftaran dan pengambilan dokumen seleksi mengenai digitalisasi penyiaran.

Diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, saat ini pemerintah sedang menyiapkan dua peraturan menteri (Permen) soal digitalisasi.

Sampai saat ini, kata Tifatul, sudah ada 41 yang mengambil formulir pendaftaran. "Kami akan segera melakukan proses seleksi dari yang sudah mengambil formulir itu," ujar Tifatul saat acara konfrensi pers Rapat Koordinasi Tingkat Nasional (Rakornas) Kemenkominfo di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (11/6/2012).

Sementara seleksi akan segera diproses, Tifatul mengatakan, dibutuhkannya dua peraturan mentri baru untuk mengimplementasikan soal digital penyiaran.

Dijelaskan Kepala Humas dan Informasi Kominfo Gatot S Dewabroto, dua peraturan menteri itu antara lain mengatur tentang tarif sewa kanal dan tentang transisi penggunaan frekuensi untuk digital.

"Kami sudah uji publik peraturan menteri itu sekira satu setengah bulan lalu," tutur Gatot.

Gatot pun menjelaskan, kemungkinan berpengaruhnya revisi final Undang-Undang Nomor 32 2002 tentang penyiaran, yang saat ini sedang dibahas di DPR dengan peraturan mentri tersebut, maka Kemenkominfo akan melakukan pembicaraan lebih lanjut.

"Kami akan komunikasikan itu. Tapi kami percaya tidak akan ada perubahan yang signifikan," jelasnya.

"Tapi seandainya bulan depan sudah ketuk palu, kami siap dipanggil. Kami yakin DPR tidak akan mencegah masalah digital ini," pungkasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini