nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sumberdaya Sewatama Bangun PLTMH untuk Warga Terpencil

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 30 Juni 2012 15:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 06 30 56 656585 BgG9GZw1GC.JPG Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

SUKABUMI - PT Sumberdaya Sewatama bersama dengan IBEKA (Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), dibantu warga Kasepuhan, hari ini memulai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLMTH).

Proyek pembangkit listrik yang diklaim ramah lingkungan itu akan menghasilkan daya listrik sebesar 100 KW untuk warga Kasepuhan Adat Cipta Gelar, di kaki Gunung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat.

Dengan memasang PLMTH itu, maka, pemukiman warga yang sebelumnya terisolasi, akan mendapatkan aliran listrik guna memajukan, serta meningkatkan taraf hidup warga setempat. Pendirian PLTMH ini merupakan bagian dari kegiatan Sewatama Corporate Citizenship, yang bertujuan menciptakan pengembangan ekonomi yang berkelanjutan.

"Kami ingin berterimakasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada IBEKA. Ini awal dari kontribusi kami, kepada masyarakat terpencil," ujar Presiden Direktur PT Sumberdaya Sewatama, Hasto Kristiyono, Sabtu (30/6/2012).

Pembangkit tenaga listrik ini diklaim ramah lingkungan. Sebab, menggunakan potensi air dari Sungai Ciganas yang mengalir di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. PLTMH ini menghasilkan energi listrik, untuk kemudian disalurkan kepada warga sekitar, serta dipergunakan pula secara komersial untuk Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Proyek PLTMH ini ditargetkan rampung pada Januari 2013, dibantu oleh sekira 50 relawan pita oranye (volunteer) Sewatama. "Untuk pengerjaannya, meliputi dua hal utama, yang pertama adalah dari segi perbaikan sipil, yakni melakukan perbaikan di saluran pengantar air atau bendungan, dan dari sisi mekanik kelistrikan, yakni perbaikan turbin dan rumah daya," jelas Tri Mumpuni, dari Yayasan IBEKA.

Kontribusi Bagi Masyarakat Terpencil

Kesuksesan PLTMH ini tak lepas dari kerjasama Sewatama dengan yayasan IBEKA dan masyarakat Kasepuhan Cipta Gelar. Berawal dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada November 2011, Sewatama dapat menyelesaikan proyek PLTMH tepat waktu dan kini bisa digunakan untuk ratusan warga Kasepuhan Cipta Gelar.

"Rencananya listrik yang dihasilkan dari PLTMH ini akan dijual ke PLN. Pendapatan yang dihasilkan akan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan kesepuhan Banten Kidul, sekaligus menyediakan energi ramah lingkungan, serta berkelanjutan bagi masyarakat gunung Halimun," terang Tri Mumpuni.

Salah satu warga Cipta Gelar mengaku bangga karena kini desanya bisa terjangkau dengan listrik. Bahkan, memiliki pembangkit listrik secara mandiri. "Saya sangat senang perusahaan Sewatama telah membantu warga dengan kemudahan aliran listrik, kami sangat berterima kasih," kata Abah Ugi Sugriana.

(yhw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini