Telefon Umum di New York Diubah Jadi WiFi

Yoga Hastyadi Widiartanto, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2012 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 12 54 662341 hUOyKPvDNe.jpeg Ilustrasi (foto: Mashable)

NEW YORK - Telefon umum jadi sarana yang usang seiring makin banyaknya orang beralih pada telefon genggam. Pemerintah New York City memutakhirkan sarana yang hampir terlupakan ini dengan tambahan fitur WiFi.

Diwartakan Mashable, Kamis (12/7/2012), Department of Information Technology and Telecommunications New York City memperkenalkan ide tersebut pada Rabu waktu setempat. Siapapun bisa mengakses WiFi tersebut menggunakan smartphone, tablet atau laptop tanpa biaya.

Mereka menerapkan ide WiFi di telefon umum ini melalui kerjasama dengan penyedia layanan internet lokal, Van Wagner dan Titan. Sejauh ini, sudah ada 10 telefon umum WiFi yang tersebar di Manhattan, Queens dan Brooklyn sebagai uji coba. Sementara itu, totalnya ada sekira 12.360 telefon umum yang bisa disulap menjadi hotspot.

Pemerintah setempat menjanjikan tidak ada informasi pribadi yang diambil dan tidak ada iklan yang disematkan dalam layanan itu. "Seiring kami mulai menilai masa depan telefon umum di New York City, proyek uji coba ini akan membantu kami mengukur minat publik terhadap fasilitas yang ditawarkan perangkat generasi mutakhir," ujar Chief Information and Innovation Officer, Rahul N. Merchant.

Situs Mashable yang menguji coba WiFi tersebut mengatakan kecepatannya mungkin biasa saja, tapi tidak terlalu buruk untuk sebuah fasilitas umum. WiFi itu memiliki kecepatan unduh 1.02 Mbps dan mengunggah 0.6 Mbps.

(yhw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini