Ini Seleksi Kominfo Tentang Penyiaran TV Digital di 5 Zona

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 01 Agustus 2012 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 01 54 671497 WwlQSviJg3.jpg

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Senin (30/7/2012) resmi mengumumkan hasil seleksi lembaga penyiaran penyelenggara penyiaran multipleksing, TV Digital, di 5 Zona Indonesia.

Menurut keterangan Kepala Pusat informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S. Dewa Broto, dalam situs resmi Kominfo bahwa pengumuman ini sesungguhnya sudah harus disampaikan kepada para peserta seleksi dan dipublikasikan secara terbuka pada tanggal 23 Juli 2012.

Namun demikian, karena Tim Seleksi LPPPM (Lembaga Penyiaran Penyelenggara Penyiaran Multipleksing) Kementerian Kominfo masih memerlukan waktu beberapa hari untuk melakukan penyelesaian evaluasi dan asesmennya agar lebih komprehensif, lebih berhati-hati dan tetap mengutamakan aspek profesionalisme dan kepatuhan pada sejumlah peraturan yang berlaku.

Maka dari itu, Tim Seleksi LPPPM memandang penting untuk melakukan perpanjangan waktu bagi rencana pengumuman, yang pada akhirnya ditepati sesuai rencana pada tanggal 30 Juli 2012.

“Namun kami memandang, pengunduran waktu penyampaian pengumuman ini, sama sekali bukan karena adanya suatu alasan lain tertentu selain sebagaimana telah disebutkan alasannya di atas,” jelas Gatot S. Dewa Broto.

Di samping itu, lanjut Gatot, Tim Seleksi LPPPM menjamin, bahwa seluruh rangkaian seleksi berlangsung sangat obyektif, transparan dan tidak mengutamakan lembaga penyiaran tertentu, karena seluruh peserta memiliki hak yang sama untuk mengikuti seleksi sesuai peraturan yang berlaku.

“Sikap kehati-hatian Tim Seleksi LPPPM ini di antaranya adalah agar jangan sampai saat ini dan  di kemudian hari mudah berpotensi menimbulkan persoalan hokum,” ujar Gatot melanjutkan.

Secara terperinci Gatot menjelaskan, 5 Zona yang dimaksud itu untuk dilakukan seleksi yakni, Zone Layanan 4 (DKI Jakarta dan Banten), Zone Layanan 5 (Jawa Barat), Zone Layanan 6 (Jawa Tengah dan Yogyakarta), Zone Layanan 7 (Jawa Timur) dan Zone Layanan 15 (Kepulayan Riau).

Pengumuman tersebut secara terperinci adalah sebagai berikut:

-    Zone layanan 4 (DKI Jakarta dan Banten)

PT. Banten Sinar Dunia Televisi (BSTV), PT Lativi Media Karya (TVOne), PT Media Televisi Indonesia (Metro TV), PT Surya Citra Televisi (SCTV), PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV).

-    Zona layanan 5 (Jawa Barat)

PT Cakrawala Andalas Televisi Bandung dan Bengkulu (ANTV Bandung), PT Indosiar Bandung Televisi (Indosiar Bandung), PT Media Televisi Bandung (Metro TV Jabar), PT RCTI Satu (RCTI Network), PT Trans TV Yogyakarta Bandung (Trans TV Bandung)

-    Zona layanan 6 (Jawa Tengah dan Yogyakarta)

PT GTV Dua (Global TV), PT Indosiar Televisi Semarang (Indosiar Semarang), PT Lativi Mediakarya Semarang-Padang (TVOne Semarang), PT Media Televisi Semarang (Metro TV Jawa Tengah), PT Trans TV Semarang  Makassar (TransTV Semarang).

-    Zona layanan 7 (Jawa Timur)

PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV), PT Global Informasi Bermutu (Global TV), PT Media Televisi Indonesia (Metro TV), PT Surya Citra Televisi (SCTV), PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV).

-    Zone layanan 15 (Kepulauan Riau)

PT RCTI Sepuluh (RCTI Network), PT Surya Citra Pesona Media (SCTV Batam), PT Trans TV Batam Kendari (Trans TV Batam).

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini