83 Juta Akun Facebook Ternyata Palsu

Gesit Prayogi, Jurnalis · Jum'at 03 Agustus 2012 12:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 08 03 55 672736 cddNfcloyq.JPG Foto: Cnet

CALIFORNIA Pengguna aktif Facebook dalam sebulan menembus 955 juta dan 543 juta pelanggan pengguna aktif menggunakan perangkat bergerak (mobile). Namun siapa sangka, ternyata 8,7 persen atau 83 juta lebih dari total akun Facebook ialah palsu.

Pada Maret lalu, Facebook mengungkapkan 5 sampai 6 persen akun Facebook ialah palsu atau akun ganda. Dengan demikian akan tersebut bisa mencapai 42,25 juta dan 50,70 juta akun palsu.

Namun saat ini, jumlah akun ganda di Facebook mencapai 4,8 persen. Kemudian untuk akun palsu yang dibagi menjadi dua kategori yaitu, pengguna yang melakukan kesalahan pembuatan akun 2,4 persen, dan akun yang tidak diinginkan pengguna 1,5 persen. Demikian dilansir dari Cnet, Jumat (3/8/2012).

“Jumlah akun palsu tersebut dihitung menggunakan data internal perusahaan berdasarkan aktivitas akun pengguna. Sementara angka-angka ini didasarkan pada apa yang kami yakini sebagai perkiraan yang masuk akal,” demikian keterangan resmi perusahaan.

Menyikapi banyaknya akun palsu di Facebook, pihak perusahaan berusaha untuk mendeteksi dan menekan perilaku tersebut pada situs layanannya.  

"Sebagai contoh mungkin ada beberapa akun Facebook yang melanggar persyaratan layanan kami, meskipun kami berupaya untuk mendeteksi dan menekan perilaku tersebut." 

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini