Nikmati Sensasi Ice Cream Sandwich Xperia Neo L

Andina Librianty, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2012 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 16 207 678490 XYAWyG79E9.jpg Sony Xperia Neo L (Foto: Andina/okezone)

Setelah lepas dari embel-embel Ericsson, Sony kian gencar di ranah smartphone. Terbukti, vendor asal Negeri Sakura ini terlihat agresif meluncurkan rangkaian keluarga smartphone Xperia besutannya.

Salah satu keluarga Xperia adalah Neo L. Ini merupakan ponsel Sony yang sejak lahir sudah mengusung sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Nah, kali ini Okezone akan mengulik kemampuan ponsel seharga Rp 2,5 juta ini.

Desain

Sama seperti halnya smartphone berbasis Android lainnya, Neo L tentunya juga hadir dengan layar sentuh. Ponsel ini dihiasi dengan empat tombol fisik yang terletak di bawah layar berukuran 4 inci (854x480 piksel). Keempat tombol fisik ini meliputi tombol back, home, menu, dan search.

Selain tombol fisik dibagian depan perangkat, ada dua tombol lain yang terletak di sisi kanan ponsel, yaitu yang berfungsi sebagai tombol on/off dan volume. Sedangkan di sisi kiri terdapat port USB yang berfungsi sebagai pengisi daya baterai dan untuk men-transfer data.

Beranjak ke bagian belakang ponsel, ada kamera yang letaknya berdampingan dengan speaker dan juga ada flash yang berfungsi sebagai penambah penerangan saat memotret.

Neo L memilki ciri khas desain yang berbeda dibandingkan seri Xperia lain seperti Xperia S dan Xperia p, yang memilki body persegi panjang. Sedangkan Neo L,  body perangkat mobile ini di bagian atas dan bawahnya berbentuk melengkung.

Nah, dibagian atas ponsel yang melengkung tersebut juga merupakan tempat port jack audio yang berbentuk sedikit menojol. Setidaknya dengan desain melengkung di bagian atas dan bawahnya, ponsel ini tidak terlihat kaku.

Sayangnya karena material glossy yang membalut, ponsel ini terasa sedikit licin ketika digenggam. Selain itu, karena material yang glossy, bekas genggaman tangan di bagian belakang perangkat juga cukup terlihat. Meksi begitu, dengan berat 131,5 gram, ponsel ini tidak berat ketika digenggam.

Performa

Harus diakui, sekilas memang tampilan antarmuka ponsel berbasis Android dari berbagai vendor tidak tampak berbeda. Yang membedakan diantara berbagai ponsel tersebut tentunya fitur-fitur dan kemampuan yang ditawarkan.

Untuk performanya, Xperia Neo L memberikan penawaran yang baik. Diperkuat prosesor 1GHz, melakukan perpindahan antar homescreen, membuka aplikasi, dan menjalankan permainan, ponsel ini berjalan dengan baik. Saat semua yang disebutkan tadi dijajal Okezone, tidak ditemukaa terjadinya lag.

Ketika membuka antar aplikasi, hanya membutuhkan waktu sekira satu atau dua detik. Sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama. Pun begitu ketika melakukan sapuan di layar, tidak ada lag dan layar juga terasa halus.

Karena Sony juga dikenal sebagai perusahaan di ranah digital imaging, maka tentu sudah seharusnya kita memiliki harapan lebih untuk kemampuan kameranya. Dengan kamera utama (belakang) beresolusi 5 MP, Neo L tidak memberikan hasil yang mengecewakan walaupun hasilnya tidak begitu menakjubkan.

Ketika memotret di siang hari dengan pencahayaan  yang terang, foto yang dihasilkan tampil dengan baik. Sedangkan untuk pencahayaan terang, maka LED flash memang terbukti memberikan bantuannya dalam hal pencahayaan, karena hasilnya, foto menjadi lebih terang meski masih ada noise.

Jika kamera utama cukup memberikan hasil yang baik, kini giliran kamera depan yang dijajal. Untuk memotret di wilayah yang redup cahaya, noise pada hasil foto tampak sangat jelas. Diluar hasil foto, yang dirasa cukup mengganggu adalah bunyi kamera saat menjepret objek yang terdenga cukup keras, meski hal itu bisa diatasi dengan mengubah mode ponsel ke getar atau silent.

Kemudian untuk kemampuan audio, ketika dijajal mendengarkan musik hasilnya suara tidak sember. Tapi jika ingin mendengarkan musik tanpa headset, maka sebaiknya bagian belakang ponsel diletakkan terbalik menghadap ke atas.  Hal ini karena, letak speaker yang ada di bagian cover penutup ponsel, sehingga jika bagian tersebut di letakkan di atas suatu tempat seperti meja, maka suara yang keluar dari speaker akan terhalang dan akan terdengar semakin kecil.

Xperi Neo L dengan kemampuan yang dimilikinya tadi bisa memberikan pilihan lain di tengah ramainya pasar smartphone saat ini. Dibanderol seharga Rp 2,5 juta, Xperia Neo L hadir dengan dua pilihan warna yaitu hitam dan putih.

Spesifikasi

-    Layar sentuh 4 inci (854x480 piksel)

-    Sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich

-    Prosesor 1 GHz

-    Kamera utama 5 MP dengan auto focus dan LED flash, perekam (720p)

-    WiFi, USB, DLNA, aGPS

-    Memori internal 1 GB, RAM 512 MB, MicroSD hingga 32 GB

-    Warna hitam dan putih

(adl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini