Proyek Swasta Pengiriman Manusia ke Mars Dapat Sponsor Pertama

Yoga Hastyadi Widiartanto, Jurnalis · Senin 03 September 2012 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 03 56 684260 0WASep4ZWi.jpg Ilustrasi (foto: Novacelestia)
AMSTERDAM - Sebuah perusahaan Belanda yang menarget untuk mendaratkan manusia di Mars pada 2023 kini berhasil memperoleh dukungan dari sponsor.
Dilansir dari Mashable, Senin (3/9/2012), perusahaan bernama Mars One berencana mendanai sebagian besar aktivitas ambisiusnya via ajang reality TV global.
"Penerimaan sponsor awal ini menandai langkah berikutnya untuk manusia menginjakkan kaki di Mars," ujar President Mars One, Bas Lansdrop.
"Sekira lebih dari setahun lalu kami memilih langkah ini dan memanggil para ahli di industri untuk bisa berbagi mimpi ini. Sekarang, kami telah bergerak dari rencana teknis ke tahap pertama pendanaan, sehingga memberi mimpi kami pondasi di kenyataan," imbuhnya.
Sponsor awal misi swasta untuk mendaratkan manusia di Mars ini meliputi perusahaan webhosting Byte Internet, firma hukum VBC Notarissen, perusahaan konsultan MeetIn, portal web independen New-Energy.tv serta perusahaan Australia, Dejan SEO.
Mars One berencana meluncurkan sederet misi robot antara 2026 dan 2020 yang  bertujuan membangun pos yang bisa dihuni di sana. Empat astronom pertama akan mendarat di Planet Merah pada 2023 dan lebih banyak lagi akan mendarat setiap dua tahun setelahnya. Belum ada rencana untuk mengembalikan para pionir ini ke Bumi.

(yhw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini