Jokowi dan Foke "Tarik Tambang" di Dunia Maya

Yoga Hastyadi Widiartanto, Jurnalis · Kamis 06 September 2012 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 06 90 685967 mJ3nKu5jgr.jpg Capture

JAKARTA - Menarik simpati warga terhadap hajatan empat tahunan mengganti gubernur Jakarta, bisa dilakukan berbagai cara. Salah satunya, melalui sebuah situs buatan lokal, persaingan pasangan cagub dan cawagub Jokowi-Ahok serta Foke-Nara bisa dilihat dengan cara yang lebih santai dan menyenangkan.

Perusahaan digital NoLimit bekerja sama dengan Rolling Glory menggarap sebuah aplikasi kecil bernama Pilkada DKI 2012. Melalui aplikasi berbasis web tersebut, siapapun bisa menyaksikan lalu lintas kicauan Twitter soal Jokowi-Ahok dan Foke-Nara.

CEO NoLimit Aqsath Rasyid Naradhipa menerangkan, aplikasi pengukur sosial media itu bekerja dengan cara menjaring kicauan di Twitter dengan kata kunci tertentu.

Namun, aplikasi ini tidak dibuat untuk menjaring berdasarkan positif dan negatifnya komentar para pendukung cagub serta cawagub.

"Kami hubungkan ke Twitter menggunakan kata kunci seperti Jokowi, Fauzi Bowo, Foke-Nara, atau @Jokowi_do2. Totalnya ada 10 kata kunci," terangnya kepada Okezone, Kamis (6/9/2012).

"Kami tidak menghitung komentar positif dan negatif karena menurut kami tidak berimbang jadi hanya mention-nya saja," imbuhnya.

Ketika banyak yang membicarakan momen ini dengan serius, menurut Aqsath, aplikasi ini membuat pantauan terhadap Pilkada DKI 2012 jadi lebih menyenangkan.

"Banyak publik yang membicarakannya dengan serius, jadi kami buat ini lebih fun lewat game," pungkasnya.

Aplikasi tersebut bisa diakses melalui peramban seperti Firefox, Chrome, Safari maupun Internet Explorer, hanya saja untuk Internet Explorer di bawah versi 9 tidak bisa digunakan untuk mengaksesnya.

Bagi yang ingin turut memantau Pilkada DKI 2012 dengan cara berbeda, klik link ini.

(yhw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini